Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG dari Dapur Kobe

kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG dari Dapur Kobe
Kumpulan resep sehat tanpa MSG (design : Canva)

Menyiapkan menu sarapan dan bekal yang cepat, lezat, dan sehat sering kali menjadi persoalan. Apalagi saat aktivitas anak di sekolah sudah kembali normal. Untungnya di era digital seperti sekarang mencari sumber resep untuk dijadikan inspirasi mudah sekali, semudah kita menggerakkan jari.

Cukup dengan searching di internet, kita akan menemukan banyak website yang berisi berbagai resep masakan yang bisa dijadikan rujukan. Salah satunya adalah resep masakan sehat yang ada di website dapurkobe.

Di website ini kita akan menemukan berbagai kategori resep masakan Indonesia, mulai dari hidangan sehari-hari, resep bagi vegetarian, resep untuk sarapan pagi, dan masih banyak lagi. Salah satu kumpulan resep yang menarik adalah kumpulan resep sarapan pagi.

Di kategori ini aneka resep lauk dan sayur yang ditampilkan sederhana, lezat, sehat, dan mudah diikuti. Dan di resep-resep yang ditampilkan juga terdapat pilihan olahan tanpa MSG. Bagi saya hal ini menarik sekali, karena menyajikan hidangan lezat tanpa micin tentu menjadi pilihan sehat dan bijak.

Dampak MSG Berlebih Untuk Kesehatan

Mono Sodium Glutamat (MSG) sudah dikenal masyarakat sejak dulu sebagai penambah cita rasa masakan. MSG atau micin ini biasa ditambahkan pada olahan makanan baik sayur maupun lauk. 

Meskipun Food And Drug Administration (FDA) sebagai badan pengawas makanan dunia menyatakan penggunaan MSG pada makanan aman, namun masyarakat disarankan untuk tidak menggunakan micin melebihi 1,7 gram per hari. Karena dapat memunculkan berbagai keluhan atau efek samping.

Beberapa efek samping yang pernah dilaporkan diantaranya adalah sakit kepala, mual, berkeringat, sesak, mati rasa, jantung berdebar, dada sakit, dan lain sebagainya. Melihat fakta tersebut, mengurangi konsumsi MSG adalah cara yang bijak yang bisa kita lakukan

Karena setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Jika ada pilihan yang lebih baik dan sehat, semua ibu pasti melakukannya. Termasuk dalam menyiapkan hidangan untuk keluarga. Jika bisa lezat tanpa MSG tentu itu adalah pilihan terbaik.

Aneka Resep Olahan Ayam Tanpa MSG dari Dapur Kobe

Ayam adalah salah satu lauk yang menjadi favorit keluarga kami. Apalagi jika diolah menjadi ayam goreng crispy. Semua anggota keluarga sangat menyukainya. 

Dulu membuat aneka olahan ayam goreng crispy sepertinya susah sekali. Namun sekarang tidak lagi, sejak ada Kobe tepung bumbu masak enak menjadi mudah dan praktis.

Apalagi sekarang ada pilihan tepung bumbu non MSG. Dan berikut 3 resep olahan ayam dari Dapur Kobe yang menjadi favorit keluarga kami.

1. Ayam Dadu Crispy

Resep ayam dadu crispy ini sangat simpel dan mudah diikuti, sangat cocok untuk menu sarapan atau bekal untuk sekolah. Karena waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan sehat ini tidak lama. 

Hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja, masakan sehat, lezat dan juga renyah tersedia. Tidak heran jika anak-anak menyukainya. Dan berikut bahan dan cara membuatnya.

ayam dadu crispy resep dari dapur kobe
Ayam dadu crispy (sumber gambar : Dapur Kobe)

Bahan :
  • Dada ayam filet seberat 300 gram
  • Satu bungkus Kobe tepung serbaguna premium 200 gram
  • Air kurang lebih 350 ml
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat :
  • Potong dadu dada ayam, kemudian cuci bersih dan sisihkan.
  • Buat adonan basah, caranya campurkan Kobe Tepung Seraguna Premium dengan air, aduk rata.
  • Masukkan potongan ayam ke dalam adonan basah, goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
  • Ayam dadu crispy siap dinikmati bersama keluarga.

2. Ayam Goreng Non MSG

Resep kedua ini lebih simpel lagi, namun rasanya sungguh nikmat sekali. Hanya butuh waktu kurang dari 30 menit untuk mengolahnya. Penasaran seperti apa resepnya? Yuk langsung saja…

Ayam goreng crispy non MSG
Ayama Goreng Non MSG (sumber gambar : Dapur Kobe)

Bahan 
  • Setengah ekor ayam, bagi menjadi 4 bagian
  • Air sebanyak I00 ml
  • 200 gram Kobe Tepung Serbaguna Premium
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuatnya :
  • Cuci bersih dan rendam ayam dalam air
  • Taruh Kobe tepung serbaguna premium dalam mangkok besar.
  • Ambil ayam dan lumuri dengan kobe tepung serbaguna premium sambil dicubit-cubit ringan
  • Goreng ayam dalam minyak panas hingga terendam. Tunggu sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, ayam goreng non MSG siap dinikmati

3. Resep Ayam Kunyit Crispy

Sebenarnya resep ini hampir mirip dengan resep kedua. Hanya saja pada olahan ayam yang kedua ini lebih terasa cita rasa resep Indonesia. Karena ada tambahan bubuk kunyit pada adonan tepungnya. Sehingga cita rasa rempahnya lebih kaya, dengan warna kuning yang cerah. 

Resep ini juga menjadi andalan saya, karena cepat dan mudah. Dengan cita rasa yang cocok di lidah. Lagi-lagi Kobe Tepung Serbaguna Premium yang menjadi kunci kelezatannya. Dan ini dia resepnya..

ayam kunyit crispy non MSG
Ayama kunyit Crispy (sumber gambar : Dapur Kobe)

Bahan :
  • Setengah ekor ayam, potong-potong menjadi 6 bagian
  • I00 ml air
  • 200 gram Kobe Tepung Serbaguna Premium
  • Sepertiga sendok makan bubuk kunyit.
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat :
  • Rendam ayam dalam air
  • Masukkan Kobe Tepung Serbaguna Premium ke dalam mangkuk besar, campur dengan kunyit, aduk rata.
  • Masukkan rendaman ayam ke dalam campuran tepung dan kunyit, balur rata sambil dicubit-cubit kecil.
  • Panaskan ayam dalam wajan, masukkan ayam yang sudah dibalur bumbu hingga terendam dalam minyak. Masak hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Kemudian angkat dan sajikan.
Nah, itulah 3 resep ayam non MSG yang menjadi andalan saya. Selain lezat, masakan di atas juga mudah, praktis dan sehat. Di mana kita bisa menghadirkan cinta tanpa micin begi keluarga.

Saya pun sering memodifikasi resep dengan mengganti ayam dengan bahan lainnya, seperti cumi, udang, tempe, maupun tahu.

Tentang Kobe Tepung Serbaguna Premium (KSP)

Sebenarnya masih ada resep tanpa micin yang terdapat di Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG di Dapur Kobe. Dan semua resep dapur Kobe tanpa MSG menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium.

Kobe Tepung Serbaguna Premium merupakan tepung bumbu sehat non MSG pertama di Indonesia yang diproses secara modern. Terbuat dari campuran rempah asli pilihan dengan aroma gurih khas dari bawang putih. Tepung Kobe ini mengandung berbagai vitamin seperti B2, B9, zat besi, dan kalsium yang penting untuk pemenuhan nutrisi.

tepung serbaguna premium dari Kobe
tepung serbaguna premium dari Kobe (doc.pri)

Cita rasa dari gorengan yang menggunakan tepung sebaguna premium ini lezat, dengan tekstur yang renyah, dan aroma yang menggoda. Sehingga cocok digunakan untuk mengolah ayam, aneka hasil laut seperti udang dan cumi, tahu, tempe dan lain-lain.

Selain itu karena tepung ini non MSG maka hidangan yang dihasilkan juga lebih sehat dan aman dinikmati oleh semua anggota keluarga. Jadi tunggu apa lagi, yuk masak lezat dan sehat bersama Kobe Tepung Serbaguna Premium. 

Jangan khawatir produk Kobe Tepung Serbaguna Premium ini mudah didapatkan di minimarket dan supermarket terdekat atau bisa juga diberi secara oline melalui Kobe Official Store di Tokopedia atau shopee.



Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Emang sebaiknya kalo buat anak anak tuh jauh jauh dari MSG berlebihan ya maaaak.. pas banget anak anak aku doyan sekali goreng-gorengan tepung. Kayanya aku mesti stock tepung Kobe di rumah juga niiih

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter