Pentingnya Sertifikat SSL Untuk Keamanan Website

pentingnya sertifikat SSL bagi website bisnis
Pentingnya SSL untuk keamanan website (sumber : pixabay)

Seiring semakin banyaknya orang yang menjalankan bisnis online, maka kesadaran akan pentingnya proteksi keamanan data dari para pelanggan yang melakukan transaksi harus ditingkatkan. Karena hal tersebut menyangkut kepercayaan dan kelancaran bisnis online yang tengah dikembangkan. 

Mungkin ada yang pernah punya pengalaman, ketika mengetikkan sebuah alamat situs di browser,  tiba-tiba muncul peringatan jika web yang akan dikunjungi ternyata tidak aman. Tentu saja munculnya notifikasi tersebut dapat merugikan pemilik website. Karena orang menjadi ragu dan batal berkunjung. Sehingga peluang terjadinya transaksi pun menjadi hilang. 

Munculnya notifikasi atau peringatan saat sebuah website akan dibuka disebabkan karena website tersebut belum mempunyai sertifikat SSL. 

Apa itu Sertifikat SSL?

SSL (Secure Socket Layer) adalah sertifikat yang memegang peran penting dalam sebuah website. Sebuah website yang mempunyai sertifikat SSL, maka keamanan transfer data di dalam situs tersebut akan terjamin lantaran telah terenkripsi.

SSL merupakan teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara website dan browser. Dengan teknologi proteksi ini maka informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, dan kredensial login terkirim dengan aman. 

Singkatnya, SSL adalah sebuah protokol keamanan. Semua browser dapat berinteraksi dengan aman dengan web server jika sudah memakai protokol SSL.  

Manfaat Penggunaan SSL pada Website

Baik website personal maupun bisnis,  sebaiknya memiliki sertifikat SSL. Karena banyak manfaat dari sertifikat SSL yang penting untuk website kita.  Diantaranya :

1. Meningkatkan ranking website di Google

Pada 6 Agustus 2014 secara resmi Google mengumumkan bahwa enkripsi HTTPS hanya tersedia dengan sertifikat SSL. Sebagai mesin pencari terkemuka yang merupakan sumber traffic utama, memiliki ranking bagus di Google tentu merupakan hal yang sangat penting. 

2. Menjaga keamanan informasi

Pada saat proses pengiriman informasi melalui internet, SSL menjaga informasi yang dikirim dengan cara dienkripsi. Sehingga pesan tersebut hanya bisa dipahami oleh penerima pesan. Selain itu bagi website yang sudah menggunakan sertifikat SSL, browser akan memberikan tanda visual berupa ikon gembok atau bar berwarna hijau yang menunjukkan bahwa situs aman untuk dikunjungi. 

3. Memastikan informasi terkirim ke server tujuan

Sertifikat SSL menyediakan otentikasi untuk memastikan informasi terkirim ke tujuan.  Hal ini penting karena pada pengiriman data melalui internet, data tersebut akan melewati sejumlah mesin.  Dan setiap mesin mempunyai potensi menjadi website palsu. Namun dengan penggunaan sertifikat SSL, hal tersebut dapat dihindari. 

4. Melindungi pencurian data (Phishing

Pencurian data biasanya dilakukan dengan mengirimkan email yang berisi tautan ke situs yang meniru website kita. Dengan menggunakan Sertifikat SSL maka para kriminal ini akan kesulitan menerima sertifikat SSL yang tepat. Sehingga mereka tidak akan bisa meniru situs kita dengan sempurna. 

Begitu banyak manfaat sertifikat SSL bagi website. Sehingga penting bagi kita untuk menggunakan layanan sertifikat SSL dari penyedia jasa SSL terpercaya. Misalnya saja dengan menggunakan jasa dari Cloudmatika SSL Certificate.

Layanan SSL yang disediakan Cloudmatika memiliki biaya yang terjangkau, efektif, dan aman. Sehingga tepat dijadikan pilihan untuk pengembangan bisnis online skala kecil hingga menengah.  

Tentang Cloudmatika

PT Awan Solusi Informatika (Cloudmatika) adalah perusahaan yang menyediakan layanan cloud dan hosting di Indonesia, yang berdiri sejak tahun 2015 yang tergabung di Grup Tsukaeru Jepang.  

Selain memberikan layanan terkait dengan proteksi atau keamanan data, Cloudmatika juga memberikan layanan lainnya. Diantaranya layanan virtual private cloud yang menjadi solusi terbaik untuk penyimpanan data

layanan yang disediakan cloudmatika
berbagai layanan dari cloudmedia (sumber : Cloudmatika)

Virtual Private Cloud (VPC) adalah sebuah cloud pribadi yang aman dan terisolasi yang di-hosting dalam cloud public. Dengan layanan ini, pengguna ini dapat mengakses data-data yang dimilikinya dengan cepat dan aman. Jika teman-teman tertarik dengan berbagai layanan yang disediakan oleh Cloudmatika, teman-teman dapat menghubungi : 

Email    : sales@cloudmatika.com

Website  : www.cloudmatika.co.id

Telepon  : 021 28565201

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter