Philips Smart LED Connected by WiZ Membuat Hidup Semakin Mudah dan Berwarna

Pengaruh warna cahaya pada manusia
Pengaruh warna cahaya lampu (sumber : pixabay)

Pengaruh warna cahaya terhadap suasana hati manusia sangat besar. Oleh karena itu sangat penting bagi para ibu rumah tangga untuk  memahaminya. Agar ibu dapat memilih warna lampu yang pas dengan vibe yang ingin dihadirkan, sesuai dengan fungsi dari ruangan yang ada di tempat tinggal kita.

Apalagi saat ini banyak ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah. Sehingga perlu suasana dan pencahayaan lampu yang dapat mendukung untuk meningkatkan produktivitas kerja

Pengaruh Warna Cahaya Lampu Terhadap Psikologi Manusia

Warna cahaya lampu memberikan pengaruh psikologi yang berbeda-beda. Diambil dari berbagai sumber, berikut pengaruh beberapa warna cahaya terhadap suasana hati manusia :

1. Warna merah

Warna merah identik dengan semangat, gairah, dan keberanian. Karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan tekanan darah.  Warna ini juga melambangkan cinta, dan memberi kesan romantis dan sensual.   

2. Warna oranye

Warna oranye atau jingga dipercaya dapat membangkitkan kreativitas. Warna ini juga diyakini mampu memunculkan suasana senang dan antusias. 

3. Warna kuning

Lampu berwarna kuning mampu menghadirkan suasana gembira dan ceria. Warna kuning juga menumbuhkan rasa optimis, kecerdasan dan kewaspadaan.

4. Warna hijau

Warna hijau diyakini dapat menstimulasi hormon pertumbuhan, dan memberi efek menenangkan pikiran, relaksasi, harmonis, kalem, tenang, dan aman.

5. Warna Ungu

Ungu dipercaya dapat membantu mengurangi stress, memberi kesan mewah, bijaksana, dan bermartabat. Warna ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan rasa mandiri, atau kebebasan.

Karena setiap warna memiliki pengaruh psikologi yang berbeda-beda tentu sangat menyenangkan jika kita dapat mengubah warna-warna cahaya lampu sesuai keinginan kita. Agar setiap saat kita dapat berganti suasana.

Untungnya teknologi hadir memudahkan urusan kita. Termasuk kemudahan untuk mengatur pencahayaan ruang di rumah, sesuai keinginan kita. Saat ini ini telah hadir Philips Smart LED Connected by WiZ yang dapat diredupkan dan diatur serta diubah warna cahayanya dengan cara yang gampang melalui aplikasi WiZ.

Beberapa waktu yang lalu, atas rekomendasi seorang teman, saya telah mencobanya. Ingin tahu bagaimana pengalaman saya berganti-ganti suasana dengan menggunakan salah satu varian dari Philips Smart LED Connected by WiZ? Yuk lanjut dibaca artikel saya.

Philips Smart LED Connected by WiZ

Konsep smart home di mana semua perangkat rumah tangga dapat diatur dan dikontrol secara otomatis dari mana saja dan kapan  saja dengan bantuan koneksi internet saat ini banyak diminati. 

Memahami kebutuhan ini, Philips Indonesia menghadirkan produk lampu Philips Smart LED Connected by Wiz, yang  dapat diredupkan, diatur dan diubah warna cahayanya tanpa memerlukan perangkat tambahan lainnya.

Hanya cukup dengan menggunakan aplikasi WiZ semua dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, bisa juga menggunakan perintah suara. Selain itu, tersedia 16 juta pilihan warna, dapat beralih dari kuning ke putih, dapat diredupkan, dan untuk on-off-nya dapat dijadwalkan. 

Teknologi yang dihadirkan lampu premium Philips Smart LED Connected by WiZ ini sangat bermanfaat. Karena dapat meningkatkan produktivitas kerja dan membuat suasana rumah lebih semarak. Kita sewaktu-waktu dapat berganti suasana hanya dengan menggunakan satu jenis lampu saja.

Kita pun dapat melakukan pengaturan lampu dari jarak jauh dengan menggunakan Cloud. Sehingga kita tidak perlu khawatir jika rumah kosong. Karena lampu bisa mati dan menyala secara otomatis, seolah-olah rumah ada penghuninya. Sebuah konsep Smart Lighting yang benar-benar membuat hidup lebih mudah dan nyaman.

Varian produk Philips Smart LED Connected by WiZ

Produk smart Philips Smart LED Connected by Wiz hadir dalam berbagai pilihan lengkap sesuai dengan kebutuhan kita, yaitu :

  • Philips smart LED bulb, Tunable white & Color ambiance, semua watt
  • Philips smart LED downlight, Tunable white & Color ambiance, semua watt
  • Philips smart LED light strip
  • Philips Smart LED Decorative (ceiling, portable hero, squire, mobile portable and linear)
  • Philips Smart LED accessories (remote control, motion sensor and smart plug)

Saya sendiri mencoba Philips smart LED bulb yaitu Philips Smart Wifi LED 4.9W E14. Produk ini saya beli dalam bentuk paket yang terdiri dari 5 buah lampu. Saya membeli nya di Official Store Tokopedia seharga Rp 380.725 (belum ongkir). Dan berikut pengalaman saya menggunakannya.

Tentang Philips Smart Wifi LED 4.9W E14

Produk ini berupa lampu bohlam dengan fitting E14. Memiliki bentuk yang ramping dan cantik seperti lilin. Sangat cocok sebagai lampu penerang sekaligus untuk dekorasi ruang. 

lampu Philips Smart Wifi LED 4.9W E14
Philips Smart Wifi LED 4.9W E14 ( doc.pri)

Secara teknis, lampu premium ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Daya listrik terukur 4.9 W, yang setara dengan daya 40 W lampu pijar
  • Suhu dan warna Dapat diatur
  • Efek cahaya/finish Color Light
  • Kap/fitting E14
  • Dapat diredupkan
  • Voltase 220 - 240 V
  • Masa pakai lampu : 15000 jam, dengan masa pakai selama 10 tahun, untuk pemakaian 2,7 jam/hari.
  • Lumens 470

Jika dinyalakan secara manual, cahaya lampu ini sama dengan lampu lainnya. Perubahan warna dan keistimewaan lainnya baru bisa dirasakan jika lampu dihubungkan dengan aplikasi WiZ. 

mode cahaya yang bisa dipilih melalui aplikasi WiZ
Ada jutaan warna bisa dipilih melalui aplikasi WiZ (doc.pri)

Cara Setting Philips Smart LED Connected by WiZ

Adapun cara setting Philips Smart LED Connected by WiZ adalah sebagai berikut :

  1. Pertama Unduh aplikasi WiZ melalui google play atau app store.
  2. Setelah itu buka aplikasi dan pilih ‘Buat rumah’ dan beri nama sesuai keinginan kita.
  3. Tambahkan ruangan untuk dipasang Philips Smart LED.
  4. Pilih jenis ruangan yang diinginkan, misalnya ruang kerja, ruang keluarga, atau yang lainnya.
  5. Pilih menu ‘Tambahkan perangkat’ untuk menyambungkan lampu dengan jaringan WiFi.
  6. Pilih menu “Lampu” untuk memasang Philips Smart LED. Yang perlu diperhatikan, agar lampu bisa terhubung, maka lampu dan smartphone harus tersambung dengan hotspot yang sama. Baru kemudian kita dapat mengubah warna dan suhu dari cahaya lampu dan mengontrol lampu Philips Smart LED Connected by WiZ.

Pengalaman Berganti Suasana Dengan Smart Lighting by Philips

Saat paling menyenangkan adalah saat mencoba aneka warna lampu Philips Smart LED Connected by WiZ. Dimulai dari ruang keluarga, yang biasa digunakan untuk kumpul-kumpul dan ngobrol-ngobrol sambil nonton TV bersama.

Berdasar referensi yang saya baca, warna yang disarankan untuk ruang keluarga adalah warna kuning. Warna kuning mampu merangsang penghuninya untuk beraktivitas. 

Menghadirkan perasaan ceria dan gembira, sehingga memunculkan suasana hangat dan terbuka. Selain warna kuning, warna lain yang bisa dicoba adalah warna putih susu. Karena warna putih susu menghadirkan suasana ceria sehingga mood dapat terjaga. 

Namun sebenarnya kita bebas saja mengubah warna sesuai selera kita. Dan pasti akan  memberi kesan berbeda. Dan berikut warna-warna yang saya coba pakai untuk ruang keluarga :

cahaya ruang diatur menggunakan aplikasi WiZ
Warna putih hangat digunakan pada ruang keluarga (doc.pri)

warna spring green pada lampu philips smart led
Warna spring green (doc.pri)
ruang keluarga menggunakan philips smart led connected by WiZ
Warna Razzmatazz (doc.pri)

cahaya magenta pada Philips Smart LED
Warna Magenta (doc.pri)

Sedangkan untuk ruang kerja berhubung saya freelancer yang bekerja dari rumah, ruang kerja yang saya miliki sederhana saja. Yang penting nyaman dan bisa untuk membuat artikel dengan tenang.

warna oranye dari lampu Philips Smart LED
Nuansa oranye untuk ruang kerja (doc.pri)

Agar suasananya berbeda, saya mencoba warna oranye. Dari sumber yang saya baca, warna ini pas digunakan, karena dapat membuat ide-ide dan inspirasi bermunculan. 

Selain itu, saya juga mencoba warna-warna lain. Dan berikut tampilan ruang kerja saya setelah menggunakan Smart Lamp dari Philips.

Warna turquoise pada philips smart LED untuk ruang kerja
Warna turquoise (doc.pri)
Philips Smart LED membuat ruang kerja cantik
Warna electric purple (doc. pri)
Cahaya biru dari Philips Smart LED
Warna blue (doc.pri)

Penutup

Sangat menyenangkan bereksperimen warna dengan  Philips WiZ yang memiliki koleksi hingga 16 juta warna. Dengan mudah dan cepat kita dapat berganti suasana sesuai mood dan selera kita melalui Aplikasi WiZ yang ada di smartphone kita.

Saat harus meninggalkan rumah kosong selama beberapa hari pun tidak ada rasa was-was lagi. Karena lampu dapat di-on/off- kan di waktu-waktu yang kita dikehendaki seolah-olah rumah ada yang menunggui.

Melihat kemudahan yang ditawarkan, sudah saatnya kita menjadi Smartizen, yuk beralih ke smart lighting dari Philips ahlinya lampu pintar.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

8 komentar

  1. Aww.. Jadi pengen juga dong kerja nyaman di rumah pake Philips Smart LED connected by WiZ ini 😍

    BalasHapus
  2. yang saya cari nih,
    udah lama pingin mengganti suasana kamar supaya lebih nyaman kalo kerja
    Ternyata cukup mengganti lamp dengan Philips Smart LED Connect by Wiz ya?
    Dan suasana kamarpun langsung berubah, sesuai keinginan

    BalasHapus
  3. Wow... Dari dulu Philips memang terang terus ya...
    Philips Smart LED Connected by WiZ ini pelopor lampu smart yang terkoneksi dg aplikasi ya... Sebentar lagi pasti bermunculan merk "mee, too" nya.
    Jadi penasaran nih pingin nyoba. Kebetulan lagi renovasi kecil-kecil di ruang keluarga.
    Makasih ya kak

    BalasHapus
  4. Asyik, mau ganti suasana nggak perlu ganti warna cat dinding, cukup ganti lampu pakai philips smart led. Satu lampu aja dan bisa diatur mau warna apa yang dipancarkan. Teknologi semakin memudahkan hidup kita ya

    BalasHapus
  5. Saya paling suka warna hijau. Dan bener seperti yang ditulis di atas, warna ini memberikan ketenangan dan adem, terutama untuk pikiran. Gak hanya untuk lampu, sebagian besar baju, warna kamar tidur dan peralatan di sekitar saya berwarna hijau.

    BalasHapus
  6. Iyaa..kok aku mendadak happy dengan warna-warni lampu yang dihasilkan dari Philips Smart LED Connected by WiZ siih.. Seneng banget kalau lihat kamar bisa diganti berbagai suasana begini.. Jadi kalau lagi lemes galau, bisa digelapin sedikit, kalau butuh semangat, tinggal pilih warna cerah ceria.

    BalasHapus
  7. Jadi mupeng daku sama lampunya karena ada warna biru dan hijau, sehingga bikin cerah suasana dan menimbulkan rasa semangat juga sih ini

    BalasHapus
  8. Seneng banget ya ada smart lighting dari Philips ini Mba. Bikin ruangan makin cakep, terus Kita juga bisa milih warna-warni lampu yang diinginkan, bisa ngatur cahaya juga. Praktis lagi bisa pakai aplikasi pengoprasiannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter