Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Ergonomic Furniture

ergonomic furniture untuk produktivitas kerja
meningkatkan produktivitas dengan furniture yang ergonomis (design by : Canva)

Sewaktu saya kuliah dulu, ada mata kuliah menarik yang saya pelajari. Mata kuliah tersebut bernama ergonomi. Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi kompleks antara  aspek pekerjaan (yang meliputi peralatan, tatacara, proses atau sistem kerja serta lingkungan kerja) dengan kondisi fisik, fisiologis dan psikis manusia / karyawan.

Tujuan penerapan ergonomi adalah menciptakan sistem kerja yang efektif, aman, sehat, nyaman, serta efisien, dengan tetap mempertimbangkan keterbatasan manusia. Ergonomi berasal dari bahasa yunani, ergon dan nomos. Ergon mempunyai arti kerja, sedangkan nomos bermakna aturan, kaidah, atau prinsip.

Jadi secara sederhana bisa diartikan ergonomi adalah ilmu yang menerapkan aturan, kaidah,  atau prinsip kerja yang memudahkan manusia dalam bekerja, sehingga lebih produktif. 

Ergonomi ini dikembangkan karena dulu banyak kasus sakit atau cedera yang terjadi akibat penggunaan perangkat kerja yang tidak ergonomis. Tentu saja hal harus dicegah dan dihindari. 

Mengingat manusia lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja. Lingkungan kerja yang buruk tentu akan mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat.

Risiko Gangguan Kesehatan Akibat Kerja

Berdasar identifikasi  ada beberapa potensi bahaya di lingkungan kerja yang mungkin ditimbulkan. Bahaya tersebut meliputi :

  1. Bahaya yang berkaitan dengan pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh durasi, frekuensi, beban, urutan pekerjaan, prioritas pekerjaan, maupun postur kerja.
  2. Bahaya yang berhubungan dengan peralatan kerja. Yang mencakup dimensi, bentuk, desain, serta penempatan fasilitas yang digunakan untuk mendukung pekerjaan.
  3. Bahaya yang berkaitan dengan lingkungan atau tempat kerja. Yang terdiri dari dimensi, luas, dan layout tempat kerja.

Keluhan yang biasa muncul di kalangan pekerja diantaranya adalah nyeri pada leher, kelelahan mata, nyeri pada tangan dan jari, dan lain sebagainya.

Ergonomic Furniture Untuk Meningkatkan Produktivitas

Dalam sebuah lingkungan kerja, sangat penting untuk menciptakan hal-hal yang dapat mendukung produktivitas kerja karyawan. Karena produktivitas kerja karyawan sangat mempengaruhi jalannya bisnis suatu perusahaan. 

Bisa dibayangkan jika sebuah perusahaan memiliki produktivitas yang rendah. Maka keberlangsungan perusahaan pun ikut dipertaruhkan.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Salah satunya adalah dengan menggunakan ergonomic furniture di tempat kerja. 

Ergonomic furniture memungkinkan penggunanya menyelesaikan pekerjaannya dengan nyaman sehingga lebih betah bekerja dan terhindar dari risiko cedera akibat kerja.

Apa itu Ergonomic Furniture ?

Ergonomic furniture adalah furniture yang dirancang dengan mempertimbangkan aspek ergonomis yang meliputi kenyamanan,  fungsional, dan pergerakan tubuh dari manusia.

Ergonomic furniture mempunyai ukuran dan konstruksi yang tepat dan ideal, sehingga hasilnya dapat digunakan secara nyaman oleh semua orang berdasarkan kebutuhan dan fungsi utama dari furnitur tersebut.

Untuk dapat memperoleh furniture baik meja atau kursi yang ergonomis, sebelum membeli kita sebaiknya terlebih dahulu mencoba dan menggunakannya dalam berbagai posisi. Dan kita juga harus paham persyaratan dari furniture yang ergonomis.

Misalnya saja untuk kursi kerja, persyaratan yang harus dipenuhi adalah  :

  • Kursi kerja yang dipakai harus sesuai dengan ukuran karyawan yang menggunakan.
  • Kursi kerja yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis tugas atau pekerjaan karyawan
  • Kursi yang digunakan harus stabil, baik memakai roda maupun tidak memakai roda
  • Kursi yang digunakan harus mempunyai sandaran yang dapat menyangga lengkungan pinggang dengan kemiringan yang fleksibel.

Selain itu kita juga harus memilih perusahaan furniture yang memproduksi ergonomic furniture berkualitas yang terpercaya.  Salah satunya adalah PEXIO Furniture, yang produk-produknya dirancang secara ergonomis sehingga akan meningkatkan produktivitas kerja dari penggunanya.  

ruang kerja dengan ergonomic furniture dari Pexio
Ruang kerja dengan ergonomic furniture (sumber : pexio.co.id)

kursi yang ergonomic dari Pexio
Contoh kursi yang ergonomis (sumber : pexio.co.id)

Tentang PEXIO Furniture

PEXIO Furniture berdiri pada tahun 2018 di Bogor dibawah naungan P.T. Guna Jaya Indonesia. Perusahaan ini menyediakan aneka kebutuhan furniture baik ergonomic furniture (seperti : meja dan kursi kantor) maupun living furniture (seperti : sofa,  rak buku,  meja kopi, dll).

Di samping itu PEXIO Furniture juga melayani desain interior maupun furniture project. Sudah banyak kantor dan instansi yang mempercayakan pengerjaan desain interior maupun furniture project-nya kepada PEXIO. 

Seperti Siloam Yogyakarta, Zest Bandung, Siloam Makassar, Hotel Grand Lombok, Amarin Solo, Kemenhub, Universitas Parahyangan Bandung, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, PEXIO Furniture siap melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia. 

lebih produktif dengan ergonomic furniture dari pexio
Ergonomic Furniture mendukung produktivitas (sumber : pexio.co.id)


sofa duduk yang nyaman contoh living furniture koleksi pexio
salah satu contoh koleksi living furniture dari Pexio (sumber : pexio.co.id)


ruang belajar cantik dengan kursi yang ergonomis dari Pexio
Ruang belajar yang dilengkapi kursi yang ergonomis (sumber : pexio.co.id)

Jadi bagi teman-teman yang membutuhkan perlengkapan kerja seperti furniture kantor yang ergonomis, sekarang tidak perlu bingung lagi. Dapatkan produk berkualitas dari PEXIO furniture melalui berbagai marketplace ternama seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Blibli.

koleksi  ergonomic furniture koleksi Pexio
koleksi ergonomic furniture di showroom Pexio (sumber : pexio.co.id)

Bisa juga melihat langsung produk-produknya di Showroom yang ada di Cengkareng, dengan alamat Jalan Lingkar Luar Barat No. 8 Ruko ABC, Cengkareng, Jakarta 11730 atau showroom di Fatmawati, dengan alamat Jl. RS. Fatmawati Raya No 2 RW 3, Kec. Cilandak, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430. Boleh juga kontak melalui E-Mail: contact.pexio@gmail.com. Semoga informasi ini bermanfaat ya…

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter