Menikmati Keseruan YIS End Of Year Concert 2023, " Once Upon A Book"

Konser akhir tahun YIS 2023
YIS End Year Concert, Once Upon A Book (doc. YIS)

Hari Rabu, 20 Desember 2023 lalu saya berkesempatan menyaksikan gelaran acara akhir tahun Yogyakarta Independent School (YIS). Acara ini dilaksanakan di ballroom Hotel Tentrem mulai pukul 18.00 sampai 21.00 WIB.

Diawali dengan sambutan dari pengelola sekolah, pementasan berkonsep drama musikal ini berlangsung sangat meriah. Para siswa dan orang tua yang mengenakan dresscode British Chic, terlihat antusias menikmati acara.

Tata panggung yang dibuat sangat artistik, ditambah dengan tata cahaya yang bagus menambah penampilan para pemain semakin apik. Demikian juga dengan pemilihan kostum yang dikenakan para pemain. Yang dirancang sedemikian rupa sehingga mendukung jalan cerita. 

MC YIS End Year Concert 2023
MC Konser Akhir Tahun YIS 2023 (doc. YIS)

Semua siswa unjuk kemampuan sesuai bakatnya. Ada yang pintar menari, bermain musik, atau olah suara. Semua dikolaborasikan dengan baik sehingga menghasilkan pertunjukan yang sempurna.

Memang sudah menjadi tradisi di YIS untuk merayakan acara akhir tahun dengan penuh suka cita. Moment ini juga menjadi ajang bagi semua siswa untuk unjuk kebolehan dan kreatifitas, serta melatih rasa percaya diri mereka. 

Kegiatan perayaan akhir tahun semacam ini juga menjadi ruang bagi orang tua untuk memberikan apresiasi atas prestasi anak-anaknya. Selain itu, kegiatan ini juga akan mempererat hubungan antar wali murid, dan semakin mendekatkan orang tua dengan pihak sekolah. Hal ini sesuai dengan visi dan misi dari sekolah yang selalu ingin menjadikan orang tua sebagai mitra. 

Bagi siswa mengikuti pementasan seperti ini juga menjadi tempat mereka berlatih kekompakan, kedisiplinan dan kerjasama untuk bisa memberikan penampilan terbaiknya.

Tema Perayaan Akhir Tahun di YIS

Tema acara perayaan akhir tahun yang diambil di YIS selalu berbeda setiap tahunnya. Untuk tahun ini, tema perayaan akhir tahun yang dipilih adalah  "Once Upon A Book". 

Tema ini diambil dari sebuah cerita tentang Matilda yang diadopsi dari novel karya Roald Dahl yang dipublikasikan pertama kali pada tahun 1988. 

Buku ini mengisahkan tentang seorang anak kecil bernama Matilda (diperankan oleh Prisha) yang memiliki kecerdasan yang luar biasa dan mempunyai kekuatan telekinesis.

Matilda diperankan oleh Prisha
Tokoh Matilda diperankan oleh Prisha (doc. YIS)

Banyak sisi positif yang bisa diambil dari kisah Matilda yang bisa menginspirasi.  Diantaranya :

1. Rajin membaca

Dikisahkan dalam cerita, karena kurang memperoleh perhatian dari keluarganya, Matilda lebih banyak menghibur diri dengan membaca buku. Baginya membaca dapat membuatnya bahagia. Banyak pengetahuan dan wawasan baru yang Matilda dapatkan dengan membaca.

2. Memiliki pola pikir positif

Meskipun memperoleh perlakuan kurang menyenangkan dari orang tua dan juga gurunya, hal tersebut tidak membuatnya berlarut-larut dalam kesedihan ataupun memiliki rasa dendam. 

Sehingga kekuatan telekinesis yang dimilikinya tidak digunakan secara sembarangan. Dia hanya menggunakannya disaat terdesak. 

3. Mempunyai pendirian kuat

Hobi membaca Matilda tidak didukung oleh Mr. dan Mrs. Wormwood orang tua Matilda. Bahkan secara terang-terangan kedua orang tua Matilda menunjukkan rasa tidak suka terhadap hobi Matilda membaca buku.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak membuat Matilda meninggalkan hobinya. Dia tetap rajin membaca. Karena baginya membaca dapat membuka cakrawala. Terlebih di sekolah ada sosok guru yang terus mendukungnya, yaitu Ms. Honey.

Kisah tentang Matilda ini disajikan dalam sebuah drama musikal yang apik. Semua pemain yang terdiri dari siswa YIS dari semua tingkatan  mulai dari pre school hingga SMA, dan juga para pengajar, sangat total dalam memainkan perannya. 

Selain penampilan Prisha yang memerankan tokoh Matilda, ada satu lagi tokoh yang menarik dan mampu menghibur para penonton, yaitu tokoh Ms Trunchbull yang diperankan oleh Priyanka. 

Ms. Trunchbull diperankan oleh Priyanka
Ms. Trunchbull, diperankan oleh Priyanka (doc. YIS)

Meskipun tokoh antagonis, namun sosok Ms. Trunchbull mampu menghidupkan suasana dengan kekocakannya. Priyanka mampu tampil penuh percaya diri, baik pada saat menyanyi, menari, maupun saat menyampaikan dialog-dialognya. 

Demikian pula dengan pemain-pemain lainnya. Akting mereka patut diacungi jempol. Ini semua tidak lepas dari keseriusan dan kedisiplinan para pendukung acara dalam berlatih. 

Sehingga tidak heran jika sajian YIS End Of Year Concert 2024 yang ditutup dengan makan malam bersama ini berlangsung dengan sukses dan memperoleh sambutan meriah dari semua penonton yang hadir. Baik pemain maupun penonton terlihat puas dengan jalannya acara. 

Dan berikut daftar pemeran Drama Musikal Matilda :

  • Narrator : Zahra
  • Matilda : Prisha
  • Harry (Matilda’s father) : Pak Lentera
  • Zinnia (Matilda’s mother) : Ibu Emma
  • Mickey (Matilda’s brother) : Maxim
  • Ms Trunchbull  : Priyanka
  • Ms Honey : Gaby
  • Ms Phelps : Ibu Irene
  • Kawan-kawan Matilda : 
  • Bruce : Kevin
  • Daisy : Soomin Cho
  • Lavender : Jian Lee
  • Amanda : Michelle
  • Peter : Jerzy
  • Para penyanyi: Juhi, Rindu,Nawra, Charlotte, Lucy, Melissa, Becky, Jennifer

Tentang YIS

YIS atau Yogyakarta Independent School adalah sekolah internasional yang ada di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum IB (International Baccalaureate).

YIS didirikan pada tahun 1989 dan sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah internasional yang ada di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum IB secara penuh, mulai dari PYP, MYP, hingga DP. 

Sekolah yang berlokasi di Jalan Tegal Mlati No 1, Jombor Lor, Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta ini, memiliki visi dan misi yang jelas. Yakni mengedukasi dan menginspirasi siswa-siswanya menjadi pribadi yang mandiri, kritis dalam berpikir, dan peduli terhadap masyarakat dunia yang beragam. 

Oleh karena itu selain kegiatan akademik, YIS juga mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh para siswa sesuai dengan minat dan bakatnya

Selain itu untuk menambah wawasan budaya, YIS juga mengadakan kegiatan kunjungan budaya dan pertukaran pelajar dengan sekolah internasional lainnya. 

Karena berwawasan global, YIS sangat cocok menjadi tempat belajar bagi siswa yang berminat melanjutkan kuliah ke luar negeri. Apalagi ijazah dari YIS diakui. 

Banyak universitas terkemuka di dunia yang memberikan banyak kemudahan bagi lulusan YIS untuk berkuliah di sana.  Sehingga lulusan dari YIS tidak perlu mengikuti test masuk lagi. 

YIS juga memiliki gedung sekolah yang representatif, dengan lahan hijau yang sangat luas, taman botani, dan lapangan olah raga standar olimpiade yang menjamin keamanan dan kenyamanan siswa dalam belajar.

Sebagai satu-satunya sekolah internasional yang menggunakan kurikulum IB secara lengkap, YIS membuka program pendidikan untuk anak, mulai dari usia 3 hingga 18 tahun. Yang meliputi Primary Year Programme (PYP) untuk anak usia paud hingga SD (umur 3 sampai 12 tahun), Middle Year Programme (MYP) yang setara dengan SMP (untuk usia 11 - 14 tahun), dan Diploma Programme (DP) yang setara dengan SMA ( untuk usia 15 – 18 tahun). 

Nah, itulah sekilas tentang Yogyakarta Independent School yang beberapa waktu yang lalu baru saja menggelar acara akhir tahun yang super meriah. 

Jika diantara pembaca ingin tahu lebih lanjut tentang sekolah internasional ini, bisa langsung hubungi instagramnya @yogyakartaindependentschool atau kontak ke nomor (0274) 5305147.


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter