Tips Memilih Produk Perawatan Anti Aging

tips memilih produk anti aging
Tips memilih produk anti aging (design by Canva)
Setiap orang pasti menginginkan mempunyai kulit muka yang awet muda, bersih, dan terawat hingga tua. Namun untuk mendapatkannya tentu tidaklah mudah. Perlu ketelatenan dan kesungguhan untuk merawat kulit dengan menggunakan produk yang tepat. Disesuaikan dengan jenis kulit dan permasalahannya.  

Problem kulit sangat berkaitan dengan jenis kulit dan juga usia. Orang dengan jenis kulit berminyak, tentu memiliki kebutuhan perawatan muka yang berbeda dengan orang yang memiliki kulit dengan jenis normal atau kering. 

Demikian juga seorang remaja tentu memilki masalah kulit yang tidak sama dengan perempuan muda atau dewasa. Misalnya saja saya yang sudah memasuki usia di atas 35 tahun. Problem kulit yang saya hadapi saat ini berkaitan dengan tanda-tanda penuaan. Sehingga produk yang saya pilih adalah yang memiliki khasiat anti aging

Tips Memilih Produk Perawatan Wajah

Untuk memilih produk anti aging yang pas dengan kulit saya juga bukan persoalan gampang. Karena banyak sekali produk anti penuaan yang ditawarkan dan beredar di pasaran. Nah,  agar tidak salah pilih, berikut hal-hal yang biasanya saya lakukan sebelum memutuskan untuk membeli produk perawatan wajah. 

1. Pahami kebutuhan kulit

Untuk kulit dewasa seperti saya, problem yang dihadapi berkaitan dengan masalah kulit kering dan kusam. Hal ini berkaitan dengan menurunnya kemampuan kolagen dan elastin untuk mengikat air. Oleh karena itu keluhan kulit kering,  kusam, dan kasar mulai saya rasakan. 

Dengan permasalahan yang saya hadapi ini maka fokus saya adalah mencari produk perawatan anti aging yang memiliki kemampuan menghidrasi atau melembabkan. 

2. Baca kandungan yang ada di dalamnya

Pastikan produk yang kita pilih tidak mengandung zat-zat yang berbahaya untuk tubuh. Ini penting untuk menghindari terjadinya efek negatif baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu skincare yang kita pilih memang mengandung zat-zat yang berfungsi untuk melawan penuaan. Seperti retinol,  vitamin C,  Niacinamide,  AHA dan BHA,  Ceramide,  dan antioksidan.  

3. Perhatikan ijin edarnya

Untuk perawatan kulit muka, jangan pernah coba-coba. Pilih produk yang sudah pasti aman dan tidak ada efek sampingnya. Pastikan produk yang dipilih sudah memiliki ijin edar dari BPOM maupun dari MUI. Hindari produk yang menawarkan hasil cepat atau instan. 

3. Baca testimoni 

Membaca testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan sangat penting, sebagai gambaran dan wawasan kita tentang produk. Apalagi saat ini sudah banyak situs yang mengulas tentang produk kosmetik berikut testimoni dari yang pernah memakainya.

Meskipun sensitivitas kulit masing-masing orang beda-beda, namun paling tidak dengan semakin banyak orang yang memberikan testimoni positif, kemungkinan produk tersebut juga cocok untuk kita gunakan juga lebih besar. 

4. Beli produk ukuran kecil

Untuk produk baru yang akan kita coba, jika tersedia pilihlah produk dengan kemasan kecil (mini). Sehingga bila kita tidak cocok dengan produk tersebut, tidak sayang kalau pemakaiannya tidak dilanjutkan. 

Perawatan Anti Aging

Karena kulit yang mulai menua biasanya bermasalah dengan kelembaban, maka produk perawatan muka yang saya gunakan memiliki khasiat untuk menghidrasi kulit. Oleh karena itu, saya memakai beberapa produk yang memiliki fungsi melembabkan. 

Biasanya sebelum memakai pelembab, saya terlebih dahulu menggunakan serum. Karena antara serum dan pelembab memiliki manfaat yang berbeda. Serum memberi manfaat dari dalam, sedangkan pelembab melindungi kulit dari luar. 

Serum mempunyai kandungan vitamin atau nutrisi dengan konsentrasi yang tinggi. Berbentuk cairan pekat dengan formulasi ringan, sehingga mudah diserap kulit. Selain itu serum juga mampu mengatasi masalah kulit lebih spesifik, karena kandungan vitamin atau nutrisi yang dimilikinya. Serum juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.  

Sedangkan pelembab biasanya berbentuk cream. Meskipun ada juga yang berbentuk gel. Seperti L'OREAL PARIS CRYSTAL FRESH HYDRATING GEL-CREAM yang juga saya gunakan. Selain serum dan pelembab, sebenarnya ada satu lagi produk yang mempunyai fungsi melembabkan, yaitu essence

salah satu produk pelembab anti aging dari Loreal
pelembab gel yang cocok untuk kulit kering (doc.pri)
Mungkin beberapa dari teman-teman pembaca belum tahu apa itu essenceEssence adalah produk perawatan muka yang memiliki fungsi melembabkan juga. Essence ini memiliki tekstur seperti  air (cair) dan memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang berfungsi menghidrasi kulit.

Dalam urutan pemakaian skincareessence dipakai setelah toner. Baru kemudian serum, pelembab, dan tabir surya. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan produk dekoratif lainnya. 

Penggunaa tabir surya juga jangan sampai terlewatkan. Karena berfungsi melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari, yang dapat menyebabkan flek hitam dan penuaan dini. Selain itu, biasakan untuk memakai essence,  serum, dan juga pelembab di pagi dan malam hari. Agar kulit selalu ternutrisi. Jangan lupa juga untuk memberi perhatian esktra pada mata. Karena kulit di sekitar mata sangat tipis sehingga mudah mengalami kerutan.

Nah, itulah langkah-langkah perawatan anti aging yang bisa dilakukan agar kulit tetap terawat dan terlihat awet muda lebih lama. Semoga tulisan ini bermanfaat... 
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter