Gejala Melemahnya Sistem Imun Tubuh yang Tidak Disadari

sistem_imun_tubuh
sumber gambar piabay

Sistem imun tubuh yang melemah, akan membuat tubuh kita lebih mudah terinfeksi berbagai penyakit. Baik itu yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Terlebih lagi di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia. Kita harus menjaga imun tubuh agar bisa terhindar dari penyebaran virus corona.

Sistem imun merupakan elemen yang mempunyai tugas untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, infeksi, dan juga mempercepat proses pemulihan setelah sakit. Sistem imun terdiri dari antibodi, sel darah putih dan berbagai komponen pendukung lainnya, salah satunya kelenjar getah bening yang membentuk sistem kekebalan tubuh.

Gejala Sistem Imun yang Melemah

Mengingat begitu pentingnya sistem imun bagi tubuh, kita harus menjaganya agar sistem imun tidak melemah. Sebab, jika sistem imun melemah, akan membuat tubuh mudah terserang oleh bakteri, virus dan berbagai patogen pembawa penyakit lainnya.

Oleh sebab itu kita harus peka terhadap gejala melemahnya sistem imun agar bisa melakukan antisipasi. Berikut ini beberapa gejala melemahnya sistem imun yang perlu Anda waspadai.

1. Sakit Kepala

Saat kita lebih sering mengalami stres yang disebabkan oleh berbagai hal kecil, ada kemungkinan sistem imun kita sedang melemah. Stres berkepanjangan akan membuat respon sistem imun tubuh melemah. Pasalnya, stres akan membuat tingkat limfosit menurun. Sehingga kita akan lebih mudah terserang penyakit.

Beberapa gejala yang bisa kita alami saat mengalami stres berkepanjangan adalah nyeri pada dada, , dan juga tekanan darah menjadi rendah.

2. Mudah Terserang Flu

Flu memang menjadi penyakit yang sering dialami oleh orang dewasa. Kebanyakan orang akan sembuh dengan sendirinya setelah 7 hingga 10 hari. Selama masa penyembuhan tersebut, sistem imun akan mengembangkan antibodi untuk melawan kuman yang mengganggu.

Akan tetapi, jika kita lebih mudah terserang flu atau gejala flu yang kita derita tidak lekas sembuh maka hal ini bisa menjadi gejala bahwa sistem imun tubuh kita sedang melemah. Karena tubuh tidak kunjung membentuk antibodi untuk melawan kuman tersebut.

3. Gangguan Perut

Jika kita sering mengalami sembelit, diare dan perut kembung, hal ini bisa menjadi gejala bahwa sistem imun tubuh kita sedang terganggu. Sekedar informasi, hampir 70 persen sistem imun tubuh berada di saluran pencernaan. Pada saluran pencernaan, ada beberapa bakteri dan mikroorganisme baik yang berfungsi untuk melindungi usus dan juga mendukung kinerja sistem imun tubuh. 

Jika mikroorganisme atau bakteri baik tersebut berkurang jumlahnya, akan menyebabkan Anda mengalami resiko peradangan kronis, gangguan autoimun dan juga rentan terhadap bakteri dan virus.

4. Luka Tidak Kunjung Sembuh

Umumnya, kulit akan mengalami fase penyembuhan ketika tergores, terpotong maupun terbakar. Tubuh secara otomatis akan melindungi luka dengan cara menyalurkan darah kaya nutrisi ke area luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

Lama proses penyembuhan ini bergantung pada sel imun tubuh. Jika sistem imun tubuh melemah, sudah pasti proses penyembuhan akan semakin lama. Sehingga kulit tidak mudah untuk beregenerasi. Dengan begitu, luka tidak akan mudah menutup.

5. Mudah Lelah

Jika kita sudah meluangkan banyak waktu untuk istirahat dan masih merasa cepat kelelahan, kemungkinan besar sistem imun tubuh kita sedang melemah. Saat sistem imun tubuh lemah, maka tingkat energi yang dihasilkan juga akan lemah. Hal ini dikarenakan tubuh sedang menghemat energi untuk mengisi daya sistem imun tubuh.

Ketika kita mengalami salah satu dari kelima gejala di atas, ada baiknya kita mencoba beberapa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi Rhea Health Tone, yang merupakan suplemen yang berguna untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

Produk ini terbuat dari ekstrak tanaman obat yang telah memperoleh ijin BPOM dengan nomor POM TI204633151.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter