Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah

mengatasi bibir kering dan pecah
mengatasi bibir kering dan pecah-pecah (design by canva)

Lip balm adalah salah satu produk perawatan bibir yang harus kita miliki. Terlebih kita tinggal di daerah tropis yang rentan mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah adalah keluhan yang sering dialami banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. 

Jika dibiarkan, warna bibir dapat berubah menjadi hitam yang jelas sangat mengganggu penampilan. Selain itu,  bibir pecah-pecah juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan karena timbul rasa perih di bibir sehingga membuat penderitanya malas makan. Oleh karena itu, bibir kering dan pecah-pecah harus segera mendapatkan penanganan.  

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir adalah bagian dari wajah yang memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan transparan. Di bawah lapisan kulit pada bibir, terdapat pembuluh darah yang berfungsi untuk memberi warna merah pada bibir. 

Berbeda dengan kulit wajah, lapisan kulit pada bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Sehingga bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah menjadi indikasi bibir kehilangan kelembabannya. Ada beberapa hal yang menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Diantaranya adalah :

1. Faktor cuaca

Udara panas dan paparan sinar matahari dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu untuk mencegahnya kita dianjurkan untuk banyak minum air putih minimal 2 liter sehari agar tubuh senantiasa terhidrasi.  

2. Kebiasaan menjilat bibir

Air liur memang dapat memberi kelembaban sementara pada bibir.  Namun air liur mengandung enzim pencernaan yang mudah kering jika terkena udara luar. Hal ini dapat menyebabkan bibir menjadi lebih kering dan mudah pecah. 

3. Kebiasaan Menggigit Bibir

Ketika kita sedang cemas, kadang tanpa sadar kita sering menggigit kita.  Kebiasaan ini bisa menyebabkan bibir mengalami iritasi dan berdarah, sehingga kering dan pecah-pecah.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin dan pedas

Makanan yang terlalu asin dan pedas juga dapat menyebabkan iritasi pada bibir yang dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Maknan pedas juga bisa menyebabkan panas dalam yang ditandai dengan sakit tenggorokan dan sariawan.

5. Terapi Obat-Obatan Tertentu

Efek pengobatan tertentu seperti kemoterapi, dapat memberi efek bibir kering dan pecah-pecah. Jika keluhan bibir pecah-pecah terjadi karena efek pengobatan ini, ada baiknya untuk mengatasinya berkonsultasi dulu kepada dokter yang lebih ahli.  Agar diperoleh solusi terbaik.  

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Selain dengan banyak mengkonsumsi air putih, hal-hal berikut bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.  

1. Rutin menggunakan lip balm

Lip balm adalah produk perawatan bibir yang diformulasikan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Pilih lip balm yang tidak mengandung bahan tambahan menthol, camphor, peppermint, ekstrak citrus, maupun wewangian karena dapat memperparah kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah. 

Pilih lip balm yang mengandung SPF karena akan melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Gunakan lipbalm pada pagi dan malam hari sebelum istirahat malam. 

lip balm untuk mengatasi bibir kering dan pecah
lip balm (sumber : pixabay)

2. Lakukan scrub pada bibir

Gunakan scrub pada bibir untuk mengangkat kulit mati. Lakukan sebelum menggunakan lipstick atau lipbalm. 

3. Jangan ganti-ganti lipstick

Pada kulit yang sensitif, berganti-ganti lipstik, dapat menyebabkan bibir mengalami iritasi sehingga rentan mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Sehingga sebaiknya jangan suka berganti lipstick. Pilih lipstick yang mengandung SPF dan pelembab. 

Nah,  itulah tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah. Lakukan kebiasaan merawat bibir agar bibir kita sehat dan lembab. Semoga artikel ini bermanfaat.


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter