Me Time Asyik Bagi Ibu Rumah Tangga

me time ala ibu rumah tangga
me time bagi ibu rumah tangga (design by Canva)

Dulu sebelum saya full sebagai ibu rumah tangga, saya adalah perempuan bekerja. Setiap hari dari Senin sampai Sabtu mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB saya disibukkan dengan rutinitas pekerjaan di kantor. Apakah saya merasa bosan? Ya kadang-kadang, tetapi saya lebih sering menikmatinya.

Kebetulan pekerjaan yang saya tekuni sesuai dengan bidang yang saya sukai. Jadi bekerja bagi saya adalah bagian dari aktualisasi diri.

Waktu berlalu, sampai kemudian saya harus mengambil keputusan, resign dari pekerjaan. Sebuah keputusan yang sudah saya pertimbangkan dengan matang. 

Meskipun demikian, bukan berarti adaptasi saya dari perempuan bekerja kemudian menjadi ibu rumah tangga berjalan mulus tanpa hambatan. Jelas semua butuh penyesuaian yang tidak sebentar. Dan sempat menimbulkan permasalahan. 

Namun untungnya sedikit demi sedikit saya mulai bisa beradaptasi, dan persoalan yang muncul satu-persatu bisa diatasi. Apa saja problem yang saya hadapi selama transisi dari ibu bekerja menjadi ibu rumah tangga? Yuk, simak  cerita saya...

Ingin Tetap Produktif

Biasa dengan kesibukan dan mempunyai penghasilan sendiri membuat saya mencari berbagai cara untuk bisa punya kegiatan produktif meskipun dari rumah. Saya sempat trial and error untuk menemukan kegiatan yang pas untuk saya. Pernah mencoba bisnis kuliner, jualan online, dan lain sebagainya. 

Sampai kemudian saya menemukan "AHA moment" dan menjadikan menulis sebagai cara untuk mengekspresikan diri sekaligus ikhtiar mencari rejeki.

Semua berawal dari lomba menulis yang diadakan oleh sebuah website bernama "Belanga" yang mengambil tema "masakan rumahan yang membuat kangen ibu". Singkat cerita saya ikut lomba tersebut,  dan berhasil menang menjadi juara 3.

Dari situ saya kemudian memutuskan akan lebih serius dengan kegiatan menulis di blog. Dan inilah saya sekarang, seorang ibu rumah tangga dan mom blogger.

Perlu Manajemen Waktu

Kesibukan sebagai ibu rumah tangga dan juga seorang blogger ternyata sangat menyita waktu. Jika dulu saat bekerja saya punya batasan waktu yang jelas antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, sekarang nyaris tidak ada bedanya. Dan itu menimbulkan tekanan tersendiri.

Masalah manajemen waktu rata-rata memang menjadi persoalan yang dihadapi para ibu rumah tangga. Lalu saya pun mencoba disiplin membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Agar saya tahu mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa dikerjakan nanti.

Butuh me time

Me time dibutuhkan oleh siapa saja, termasuk juga ibu rumah tangga. Me time diartikan dengan menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Memberikan ruang kepada diri sendiri untuk merenung, introspeksi, lebih mengenal diri sendiri, bersyukur, dan juga menggali potensi. 

Banyak manfaat yang didapat dari aktivitas me time ini. Termasuk bisa membuat kita lebih percaya diri. Dulu sewaktu saya masih bekerja di kantor, me time bisa saya lakukan di sela-sela pekerjaan kantor. Misalnya dengan memanfaatkan jam istirahat untuk makan atau jalan-jalan sebentar di tempat yang diinginkan. 

Namun setelah menjadi ibu rumah tangga, hal tersebut tidak bisa dengan bebas saya lakukan. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti ini. 

Untungnya sekarang kita hidup di era digital yang memudahkan. Sehingga saya bisa melakukan me time meskipun dari rumah. Dan berikut kegiatan me time yang biasa saya lakukan.

1. Pesan Makanan Kesukaan

Setiap orang tentu punya masakan favorit. Dan menikmati hidangan favorit bisa memunculkan rasa bahagia. Dan inilah yang saya lakukan jika saya sedang butuh mood booster. Cukup gunakan aplikasi pesan antar, makanan kesukaan sudah langsung diantarkan dan siap dinikmati.  

2. Belanja online

Me time dengan menghadiahi diri sendiri dengan barang yang sudah lama diidam-idamkan terbukti manjur untuk mengatasi rasa jenuh dan bosan. Tidak mesti langsung berbelanja, kadang saya melihat-lihat dulu barang yang menjadi incaran dan melakukan survey harga. Online shop mana yang menjual barang sama, dengan harga yang lebih murah. Hunting barang seperti ini juga bisa menjadi me time yang mengasyikkan.

3. Nonton Film

Saya punya beberapa film favorit yang sering saya tonton berulang-ulang. Seperti film Brave Heart dan Harry Potter. Bagi saya mengulang kembali menonton film favorit juga terbukti dapat menghilangkan kejenuhan. 

4. Meditasi

Meditasi terbukti manjur untuk healing stress dan membantu meningkatkan produktivitas. Untuk panduan melakukan meditasi bagi pemula kita bisa men-download berbagai aplikasi yang membantu kita belajar self healing.

5. Main games online

Nah,  bermain games online adalah cara me time paling mudah dan asyik. Dari awal saya masih bekerja hingga sekarang saya jadi ibu rumah tangga saya sering melakukannya. 

Bukan games yang rumit, tapi yang sederhana saja. Seperti solitaire, free cell, minesweper, dan hearts. Keempatnya akrab dengan saya karena games tersebut default ada di komputer kerja saya. 

Jadi setiap kali rasa bosan dengan rutinitas kerja melanda, games tersebut yang menjadi pelipurnya. Eh, ada satu lagi yang favorit juga. Yaitu Zuma Legend, game menembak bola yang hits. 

Meskipun termasuk game jadul dan berusia lebih dari 30 tahun, namun game kartu solitaire tetap banyak penggemarnya. Bahkan menurut data Microsoft, yang dilansir oleh Kompas.com tanggal 26 Mei 2020, setiap bulannya ada sebanyak 35 juta orang yang memainkan game ini. 

Solitaire merupakan game sederhana yang berbentuk penyusunan kartu dengan mekanisme tarik dan taruh (drag and drop). Tujuan awal dari games ini adalah mengajarkan cara menggunakan mouse.

Saya sering memainkan game solitaire ini. Permainan ini mengasah keterampilan berpikir dan juga ketelitian. Kita diminta menumpuk kartu yang sama ke dalam urutan K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A. Kelihatannya mudah bukan?  Padahal sebenarnya tidak juga. Saya sering mengalami mati langkah dan harus mengulang permainan.

Ternyata games solitaire ini banyak jenisnya. Ada klondike yang dikenal sebagai solitaire klasik, freecell, spider, piramida, tripeaks, dan Golf. 

Saya menemukannya ketika membuka web solitaire.org. Di sini kita akan menemukan aneka jenis permainan  kartu yang manarik untuk dicoba.

halaman depan solitaire.org
tampilan solitaire.org yang dibuka via HP (doc.pri)

Enaknya, bermain games di solitaire.org tidak ada iklannya. Dan kita tidak perlu men-download atau mendaftar dulu untuk bisa memainkannya. Kita bisa nge-game langsung dari websitenya. 

Games yang ada di solitaire.org bisa dimainkan lewat smart phoneTetapi akan lebih maksimal performanya jika dimainkan menggunakan laptop atau PC.

Selain solitaire, games menarik lainnya yang tersedia di situs ini ada banyak. Terdapat beberapa pilihan kategori games, seperti solitaire, Mahjong, Card Games, Hidden Object Games, Match 3 Games, dan Free Online Games.

Saya paling suka kategori Match 3 Games. Di sini banyak games menyenangkan yang cocok untuk menghilangkan stress. Seperti zuma Legend, Zuma Ball, Tresure Atlantis, Candy Fiesta, Candy House, dan Daily Same Game.

Favorit saya adalah Zuma Legend, di game ini ada 100 level permainan yang bisa kita coba. Cara memainkannya juga mudah. Kita tinggal menembak bola-bola berderet yang sama warnanya agar kita memperoleh poin. 

Games Zuma legend di solitaire.org
Game Zuma Legend (sumber : Solitaire.org)

Kita juga harus memperhitungkan jangan sampai terlambat menembakkan bola, kalau tidak mau bola-bola tadi masuk ke "lubang maut" sehingga kita kalah permainan.

Mirip dengan Zuma Legend, ada juga game Zuma Ball. Di game ini kita juga harus menembak bola-bola yang sama minimal berderet 3 untuk memperoleh nilai. Semakin banyak bola berderet yang berhasil kita tembakkan,  nilai yang kita dapat semakin besar.

Game Zuma Ball di website solitaire.org
permainan zuma ball (sumber : Solitaire.org)

Sangat seru bermain game di solitaire.org ini. Selain bisa dilakukan di rumah saja, nge-game juga membuat hati bahagia, produktivitas meningkat, dan imun terjaga. Asal dilakukan dengan durasi sewajarnya tentunya. Jika teman-teman penasaran, silakan mencobanya.

Nah, itulah beberapa cara me time murah meriah yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga seperti saya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, salam sehat selalu...


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter