Proteksi Hidung, Mulut & Tenggorok dengan Betadine URTI Care

Betadine Urti Care penting untuk mencegah infeksi
Betadine URTI Care (sumber : Betadine) 

Merk Betadine pasti sudah akrab di telinga kita. Sebagai produk antiseptik terpercaya untuk mengatasi dan mencegah infeksi pada luka. Produk ini banyak digunakan oleh masyarakat maupun tenaga kesehatan di berbagai negara di dunia selama lebih dari 5 dasawarsa. 

Produk Betadine mengandung bahan aktif Povidone – Iodine (PVP-I), yang merupakan zat antimikroba yang memiliki spektrum-luas dan efektif untuk mengatasi kuman serta mampu mengendalikan penyebaran infeksi topikal bagi penggunanya.

Namun sebenarnya produk Betadine yang beredar di Indonesia banyak jenisnya. Terdapat empat kategori produk Betadine, yang semua ditujukan untuk melindungi tubuh dari infeksi. 

Keempat kategori produk tersebut adalah :
  • Wound Care yang kita kenal sebagai produk untuk penanganan luka. 
  • URTI Care yang merupakan rangkaian produk untuk menjaga kesehatan mulut, hidung dan tenggorokan.
  • Feminine Care, yakni rangkaian produk untuk menjaga area kewanitaan.
  • Protective Care, yakni rangkaian produk untuk membersihkan tubuh.  

Tentang Produk URTI Care dari Betadine

Di masa pandemi seperti ini, penting sekali untuk menjaga agar hidung dan mulut kita terhindar dari infeksi virus. 

Selain dengan terus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin melaksanakan 3M (Mencuci tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak) upaya lainnya adalah dengan rajin menggunakan produk URTI Care dari Betadine.

Pengetahuan ini saya dapatkan saat mengikuti webinar kesehatan yang diselenggarakan oleh Betadine beberapa waktu lalu.  

Rangkaian Produk URTI Care dari Betadine

URTI (Upper Respiratory Tract Infection) Care adalah rangkaian produk dari Betadine yang ditujukan untuk menjaga kesehatan rongga mulut, hidung, dan tenggorok dari risiko masuknya virus penyebab masalah kesehatan rongga saluran napas bagian atas. 

Rangkaian produk URTI Care dari Betadine ini resmi di-release oleh PT Mundipharma Indonesia pada tanggal 28 Oktober 2021 lalu secara virtual. Rangkaian produk URT Care ini terdiri dari :
Betadine Mouthwash & Gargle dan Betadine Throat Spray. Keduanya mempunyai kandungan antiseptik Povidone-Iodine (PVP-I) yang berungsi mencegah infeksi.  
Betadine mouthwash & gargle
Betadine mouthwash & gargle (sumber : Betadine) 
Betadine Throat spray salah satu produk urti care
Betadine Throat spray (sumber : Betadine) 

Selain itu ada juga Betadine Cold Defence Nasal Spray yang mengandung Iota Carragenaan dan Betadine Lozenges dengan kandungan menthol dan eucalyptus.
Betadine nasal spray
Betadine nasal spray (sumber : Betadine) 
Betadine lozenges pelega tenggorokan
Betadine Lozenges (sumber : Betadine) 

Jika Povidone-Iodine mempunyai fungsi sebagai antiseptik untuk nencegah infeksi virus,  maka Iota Carrageenan yang berasal dari ekstraksi rumput laut merah mempunyai manfaat yang sangat efektif untuk menurunkan viral load di rongga hidung. 

Karena Iota Carrageenan dapat melapisi dinding mukosa hidung yang mencegah virus menempel pada reseptor untuk bereplikasi. 

Kebiasaan Baik Melindungi Hidung, Mulut, dan Tenggorokan

Dalam peluncuran produk URTI Care bulan Oktober lalu, dilaksanakan juga webinar kesehatan yang membahas tentang pentingnya produk URTI Care sebagai upaya perlindungan ekstra terhadap hidung, mulut,  dan tenggorokan di era new normal. Mengingat kebanyakan virus masuk lewat hidung dan mulut.  

Webinar kesehatan dari betadine
Webinar tentang kesehatan mulut,  hidung,  tenggorokan (sumber : ig Betadine) 

Narasumber yang dihadirkan diantaranya adalah dr.  Syahrial M.  Hutauruk, Sp. THT-KL (K) yang menjabat sebagai ketua kelompok studi Faringolaringologi PERHATI-. KL, Divisi Laring-Faring Departemen THT-KL FKUI RSCM, dan seorang praktisi dan edukator Kesehatan, dr. Mery Sulastri.

Dalam penjelasannya, dr. Syahrial menyampaikan perlunya kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan mulut maupun saluran pernapasan dengan rajin berkumur dan menyemprot tenggorokan menggunakan produk URTI care yang mengandung antiseptik PVP-I yang ampuh mengatasi infeksi virus. 

Sementara itu Dr.  Merry juga menekankan perlunya menjaga kebersihan hidung. Karena hidung juga merupakan salah satu jalan masuk dan reservoir dari SARS-CoV2. 

Sehingga penggunaan semprot hidung yang mengandung Iota-Carrageenan dapat memberikan perlindungan tambahan untuk rongga hidung yang penting di masa pandemi ini.  

Sedangkan Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi dalam kesempatan tersebut menjelaska. Hadirnya produk URTI Care ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari Mundipharma kepada pemerintah untuk menanggulangi wabah covid.  

Yakni dengan terus melakukan upaya edukasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat secara berkesinambungan untuk senantiasa melakukan upaya pencegahan penularan covid dengan mengkampanyekan kebiasaan berkumur hingga tenggorokan (gargle), serta semprot tenggorokan dan hidung sebagai sebuah kebiasaan baru di masyarakat.

Nah, melihat manfaat dari berkumur hingga tenggorok serta menyemprot hidung dan tenggorok  bisa nih kebiasaan ini mulai kita terapkan dalam keseharian. Menggunakan rangkaian produk URTI Care dari Betadine sebagai sebuah kebiasaan baru yang menyehatkan.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai produk URTI Care dan produk betadine lainnya, bisa dilihat di link berikut ya https://betadine.co.id/ Semoga informasi ini bermanfaat... 


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter