Belajar SEO di Kelas Growth Blogger Untuk Menaikkan DA

belajar seo untuk blogger


Belajar SEO sangat penting bagi seorang bloger pemula seperti saya. Tadinya saya mengira menjadi bloger itu yang penting menulis saja. Menulis apa yang saya suka dan kemudian membagikannya ke sosial media. Tidak peduli bagaimana nanti para pembaca menemukan tulisan saya. 

Namun seiring berjalannya waktu, tuntutan di dunia blogging yang saya geluti mengharuskan saya untuk mengenal dan mempelajari tentang SEO ini. Karena penerapan SEO dapat berefek bagus terhadap performa blog yang saya miliki.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization". Yaitu pengoptimalan mesin telusur yang kita lakukan agar blog yang kita miliki mendapat rangking tinggi di hasil pencarian. Sehingga potensi blog untuk memperoleh trafik organik meningkat. 

Mesin pencari yang fokus dibicarakan di sini adalah google. Karena sampai saat ini google masih menjadi mesin pencari yang banyak digunakan di seluruh dunia. Sehingga tepatnya, kita belajar SEO agar tulisan atau artikel yang kita buat disukai oleh google. Bagaimana caranya? Tentu saja semua ada ketentuan dan parameternya. Apa saja itu, yuk baca terus artikel saya ..

Pentingnya Mempelajari SEO

SEO sangat penting untuk dipelajari, karena berbagai alasan berikut ini :

1. Mesin Pencari Masih Menjadi Sumber utama Informasi

Saat ini, ketergantungan pengguna internet terhadap mesin pencari sangatlah tinggi. Apapun pertanyaan yang dimiliki, merujuknya pasti ke google juga.  Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui bagaimana tulisan kita bisa muncul di halaman google.

2. Pengunjung biasanya hanya membaca artikel yang ada di halaman muka

Ketika melakukan pencarian (searching) biasanya pembaca hanya membaca informasi dari artikel yang muncul di halaman pertama (halaman muda).  Tentu kita tidak ingin artikel yang sudah kita buat dengan susah payah, hanya dilewatkan begitu saja oleh pembaca karena tidak muncul di halaman muka. 

Itulah sebabnya, sekedar muncul di mesin pencari tentu saja tidak cukup. Targetnya adalah muncul di halaman awal. Agar pengunjung mampir ke blog dan membaca tulisan kita. Dan itu hanya bisa terjadi jika kita paham SEO dan menggunakannya dalam setiap artikel yang kita buat. 

3. Meningkatkan branding dari blog

Nah, ini juga penting banget. Sering muncul di halaman muda, selain mendatangkan trafik organik, tentu membuat blog kita jadi terkenal dan membuka peluang dilirik oleh brand atau perusahaan untuk bekerja sama dengan kita. Dan ujungnya tentu mendatangkan cuan, pasti menyenangkan bukan? 

4. Meningkatkan performa blog

Blog yang senantiasa menerapkan SEO akan memiliki performa yang bagus. Diantaranya ditunjukkan dengan angka atau nilai DA dan PA yang tinggi. 

Belajar SEO di Kelas Growth Blogger

Untuk belajar SEO memang butuh ketelatenan. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses dan juga kedisiplinan.Selama ini, saya sudah mencoba belajar SEO secara mandiri dengan membaca artikel tentang SEO. Pernah juga mengikuti acara semacam talk show yang mengulik tentang  kaidah SEO.

Apakah sudah ada efeknya? Jawabnya belum. Karena saya cuma membaca, mendengar, dan mencatat saja. Tidak pernah sekalipun saya mempraktikkannya. Belajar tapi nggak dipraktikkan akhirnya lupa, dan akhirnya tidak tahu apa-apa. Untungnya, saya berkesempatan untuk mempelajari SEO lagi lewat kelas yang super sekali. 

Ya, kali ini saya menjadi salah satu peserta kelas Growth bloger #1. Sepintas cerita bagaimana saya bisa bergabung di kelas Growth Blogger sudah saya tulis juga, jika penasaran silakan dibaca. Untuk bisa terus belajar SEO di kelas Growth Blogger ini, kami dituntut untuk serius dan menyimak materi. Meskipun ini kelas tidak berbayar alis free, tapi coach yang memberi materi benar-benar semangat dan total sekali.

Di setiap akhir materi selalu ada tugas lumayan banyak yang membuat peserta tidak bisa tidur nyenyak. Apalagi ada ancaman kick (dikeluarkan) bagi peserta yang tidak menyelesaikan tugas yang selalu menghantui. 

Peraturan ini sengaja diberlakukan, agar peserta yang ikut adalah yang benar-benar niat untuk belajar dan mau mempraktikkan ilmu baru yang didapat. Dan efek baik dari aturan ini sudah saya buktikan sendiri. Dengan mengerjakan tugas yang diberikan, DA saya yang awalnya angkanya stagnan, mulai bergerak ke angka yang lebih tinggi. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali. 

Memang DA blog bukan semata penentu rejeki. Ada banyak jalan rejeki bisa datang. Saya pun meyakini ini. Namun dengan DA yang tinggi paling tidak saya bisa memperluas kesempatan untuk bisa menjajaki kerjasama yang ditawarkan oleh pihak brand atau agensi. Jadi bagi saya pribadi, berupaya menaikkan DA dan PA serta memperbaiki performa blog, adalah bagian dari ikhtiar merawat saluran rejeki yang saya punya.

Yang Saya Dapatkan di Kelas Growth Blogger

Setelah mengikuti kelas yang membahas tentang SEO ini, banyak hal baru yang saya dapatkan. Oh ya, untuk coach yang mengajar di kelas ini ada banyak. Diantaranya ada Masirwin, Om Pewe, dan juga Coach Bahrul Ilmi yang akrab di sapa coach Baim. Coach Baim ini memiliki wajah seperti orang Korea. Sehingga sering dipanggil dengan sebutan Oppa.

Semua coach yang memandu kelas ini memiliki spesifikasi dan keahlian yang saling melengkapi. Untuk materi tentang SEO khususnya SEO On Page disampaikan oleh coach Baim, sementara untuk materi SEO off Page dipandu oleh Coach Pewe melalui tugas-tugas yang diberikan. 

Coach  Baim sangat mumpuni dalam menyampaikan materi, sigap pula dalam menjawab pertanyaan dari peserta. Pengalamannya sebagai seorang blogger, freelance content writer, dan SEO assistant membuat kami para peserta mudah menerima transfer ilmu yang diberikan. Ditambah lagi dengan adanya tantangan soal yang dibuat Masirwin membuat kelas berlangsung serius, sedikit panik, namun tetap kondusif. 

Beberapa wawasan yang saya dapatkan setelah mengikuti materi dari coach Baim adalah untuk meningkatkan performa blog maka kita harus :

1. Mengoptimalkan Google Analytic (GA)

Sebenarnya Google sudah menyiapkan tools agar kita dapat mengevaluasi blog yang kita punya. Yakni dengan menggunakan Google Analytic (GA). Selama ini saya cuma tahu GA ini berguna untuk melihat total pengunjung blog dan juga total pembaca artikel kita.

Padahal ternyata, fungsi dari tools ini sangat banyak, diantaranya dapat untuk Memantau perkembangan traffic blog, melakukan evaluasi terhadap konten, bounce rate, maupun  durasi, menentukan waktu posting yg tepat, mengetahui postingan yg banyak dikunjungi, dan juga mengetahui sumber trafik 

Singkatnya, dengan menganalisa data-data yang kita dapat dari GA ini, kita akan dapat menentukan artikel yang pas dan sesuai untuk pengunjung dari blog kita.  

2. Memaksimalkan artikel di hasil pencarian melalui Google Search Console (GSC)

Kaitannya dengan SEO, sebenarnya Google juga sudah menyediakan tools Google Search Console yang dapat membantu kita  memaksimalkan artikel atau blog kita di hasil pencarian google.Selama ini saya hanya tahu GSC untuk mempercepat artikel terindeks melalui fasilitas url inspection saja, ternyata itu hanya sebagian kecil fungsi dari GSC. Fungsi lainnya sangatlah banyak. Diantaranya :

  • Dapat untuk melihat performance blog. Melalui menu performance atau kinerja, kita bisa melihat berbagai data tentang hasil pencarian blog atau artikel kita di Google. Seperti Total clicks,  total impressions, Average CTR, dan Average position. Selain itu kita juga bisa melihat data performa berdasarkan kata kunci penusuran, halaman artikel, negara, dan masih banyak lagi. Nah, data-data yang kita dapatkan ini penting dan bisa dipakai untuk mengupdate tulisan di blog kita. Sehingga informasinya bisa sesuai dengan yang dicari pembaca dan ramah SEO.
  • Mempercepat artikel terindeks, melalaui menu URL inspection. Fungsi ini yang saya paling familiar. Digunakan untuk mempercepat artikel agar terindeks di google.
  • Mengetahui error yang terjadi di blog dan perbaikan yang harus dilakukan melalui menu coverage /cakupan. 
  • Membantu halaman atau artikel yg ada di blog dapat terindeks dengan baik di mesin pencari dengan menggunakan Sitemaps / peta situs.

Jadi, sangat penting bagi kita untuk mengulik data-data yang ditampilkan oleh GA maupun GSC.

3. Riset Keyword

Ketika akan menulis artikel, sebaiknya kita melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Riset keyword adalah proses mencari kata kunci dari ide tulisan yang akan kita buat. Proses ini penting untuk dilakukan agar tulisan yang kita buat, tidak hanya bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog kita secara langsung, tapi juga dapat di-crawling oleh mesin pencari seperti google sehingga kemungkinan yang bisa membaca artikel kita lebih banyak lagi. 

Untuk melakukan riset keyword ada beberapa tools gratis yang bisa digunakan, salah seperti ubersuggest, google trend, google search, dan masih banyak lagi.

4. Melakukan Optimasi SEO on Page

Optimasi SEO On Page adalah optimasi SEO yg dilakukan dari dalam blog kita. Tidak hanya dari artikelnya, tapi juga dari keseluruhan blog. Ini adalah bagian dari usaha yang dilakukan agar artikel yang kita buat ramah SEO. Dan berikut parameter yang harus kita penuhi :

1). Judul Artikel 

Judul artikel yang digunakan harus mengandung keyword. Panjang judul sebaiknya jangan lebih dari 55 hingga 60 karakter.

2). Menyisipkan Keyword di Permalink. 

Permalink adalah url dari artikel yang kita buat. 

3). Menyisipkan Keyword di Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah penjelasan singkat yang tampil di hasil pencarian setelah judul artikel kita. Jumlah karakter maksimal dalam meta deskripsi adalah 150 kata.

4). Menyisipkan Keyword di Awal Paragraf Pertama

Ini sebagai antisipas. Karena sering terjadi meskipun meta deskripsi sudah kita isi, Google justru menampilkan potongan paragraf pertama dari tulisan kita. 

5 Optimasi Tag Heading

Yang dimaksud tag heading di sini adalah H1 – H6. Di mana H1 secara otomatis sudah digunakan oleh judul artikel, dan jumlahnya harus hanya satu saja.  Nah, yang patut digaris bawahi, template blog  yang SEO friendly harus urut letak h1, h2, dst. Dan tidak semua template yang tersedia SEO friendly. Sehingga penting untuk kita mengecek kembali template blog yang kita gunakan.

6 Optimasi Gambar

Ini yang sering saya lupa, memasukkan keyword ke dlm alt title dan alt image dari gambar yg kita gunakan sangat penting. Karena ternyata selain sebagai pemanis, gambar juga bisa dimaksimalkan untuk keperluan optimasi on page.

7. Penggunaan Outbound Link

Outbound link adalah link keluar (dari blog kita) menuju blog orang lain. Penggunaan outbound link baik utk SEO, namun jika terlalu banyak, akan mengganggu kesehatan blog kita juga. Idealnya perbandingan antara link outbond link dan internal link adalah 1 : 3. 

8 Menggunakan Internal Link

Internal link adalah link yg menuju ke artikel lain di blog kita, tentunya yang relevan dengan artikel yang kita buat.  

9. Manfaatkan LSI Keyword

Menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) atau keyword turunan penting, agar kita tidak selalu menggunakan kata kunci yang sama sehingga dianggap spam. Dalam hal ini kita bisa gunakan persamaan atau sinonim dari kata kunci utama yg kita gunakan.

10. Share ke Media Sosial

Membagikan artikel ke sosmed tidak hanya bermanfaat untuk menambah views atau kunjungan artikel, tapi juga untuk memudahkan artikel kita masuk ke halaman pertama.

11. Submit ke GSC

Cara ini akan mempercepat artikel kita diindeks oleh Google.

Nah, itu beberapa pelajaran tentang SEO yang saya dapatkan di kelas growth blogger. Jika teman-teman berminat mempelajari SEO juga, kebetulan Growthingid membuka kelas Coaching SEO For Blogger dengan biaya mulai dari IDR. 500K. 

Di kelas ini nanti teman-teman akan didampingi para coach yang benar-benar mumpuni. Dengan mengikuti kelas ini memiliki DA blog yang tinggi bukan lagi mimpi. Ada jaminan DA bisa 30 + lho, tentu saja syarat dan ketentuan berlaku. Jika berminat, klik saja gambar di bawah, nanti bisa tanya-tanya langsung ke contact personnya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya...

belajar SEO di kelas growth blogger








Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

33 komentar

  1. Nambah keren deh kamu, Mbaak.

    BTW makasih banget share nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2..dirimu juga keren mb. .bisa konsisten nulis buku. Tularin dong. .

      Hapus
  2. Seruuu ya mbak kelas Growth btw belajar SEO memang gampang2 susah aku juga belajar terus step by step

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, intinya dipraktik mb. Nek ga praktik lupa soale. Hihi.

      Hapus
  3. Kakak... makasih informasinyaaa.. Jelas dan sangat rinci di jabarkan satu per satu. Sepertinya kelas Growth Blogger menyenangkan walaupun ngeri-ngeri juga jika harus kena kick 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2..tapi seru ini mbak. .soalnya kita jd termotivasi untuk menyimak. Biar tidak dikick...hihi ..

      Hapus
  4. Wahh bagus sekali infonya mbak. Terimakasih. Salam kenal :)

    BalasHapus
  5. Wahh, lengkap sekali penjelasan mengenai SEO nya. Saya juga lagi belajar-belajar nih. Membantu sekali informasinya hehe.

    BalasHapus
  6. wah ilmunya banyak sekali nih, aku masih asal kalo ngeblog mak sebatas nulis aja makanya DA nya nyungsep hehhe

    BalasHapus
  7. Terima kasih ilmunya, Mbak. Saya yang masih belum bisa praktiknya itu LSI. Masih bingung penerapannya gimana.

    BalasHapus
  8. Senangnya bisa berkesempatan belajar SEO di kelas Growth, Mbak. Semoga jadi makin semangat ngeblognya.

    BalasHapus
  9. aaaw.. aaw.. ini artikelnya berdaging bangeeet

    Memang benar, jika ingin jadikan blog sebagai money machine, sekedar muncul di mesin pencari tentu saja tidak cukup. Targetnya adalah muncul di halaman awal, pengunjung mampir ke blog dan membaca tulisan kita

    Selama ini target aku memang belum ke sana, tapi sekarang terasa penting banget jika kita paham SEO dan menggunakannya dalam setiap artikel yang kita buat. Thanks yaaa Nurul artikelnya keren!

    BalasHapus
  10. Aku tuh pengen banget ikutan kelas barena Growth ini karena memang aku masih harus banyak belajar juga tentang SEO dan dunia blogging.

    BalasHapus
  11. Seru banget deh ikutan kelas SEO ini, jadi banyak ilmu yang didapat ya. Aku jd pgn ikutan dehh..ilmu SEO ku masih cetek nihh..
    Aku jg baru tau lho dari data GA kita, kita bs belajar banyak, menentukan jam posting dsb. Kirain cuma buat menganalisa trafik aja.
    Makasih sharingnya ya mba.

    BalasHapus
  12. Belajar SEO itu penting banget ya untuk para blogger...Aku juga pengen ikutan belajar, bagi-bagi jadwal dulu biar ga keteteran ikut kelas lainnya deh

    BalasHapus
  13. Saya baca yang pada ikutan kelas ini kayak seru semua. Dunia blogging memang menarik, ya. Apalagi kalau kemudian ada hasilnya

    BalasHapus
  14. Asik banget belajar SEO tuh,tinggal banyakin prakteknya,kuy.
    Makin semangat dan menghasilkan ya blognyaa.

    BalasHapus
  15. menurutku yang tersusah itu penerapanya saat SEO ini. Kadang tahu teorinya tapi pas mau aku terapkan kok ya malas ya. Hiks. Tapi kayaknya harus banyak belajar deh

    BalasHapus
  16. Terima kasih pencerahannya Mbak, masih PR banget aku nulis blog kudu riset keyword dulu biasanya asal nulis saja..huhu...

    BalasHapus
  17. Sering lupa untuk submit link ke GSC kalau sudah siap postig tulisan. Dan yang paling malas itu me-review dan memantau perkembangan blog sedangkan menulis saja sudah malas. duuh butuh asupan energi semangat nih saya untuk m-me-maintain.

    BalasHapus
  18. Belajar SEO emang seru dan karena algotitma Google jg suka berubah maka emang gak bisa belajar sekali kudu berkali2 ya mbak. Plus praktik tentunya.

    BalasHapus
  19. Beruntungnya Mbak bisa ikut kelasnya Mas Irwin dan Mas Pewe, saya gak bisa ikutan hiks...padahal ingin juga ikutan belajar

    BalasHapus
  20. Ah keren ini tulisannya...
    Mantap mbak bisa bljr seo langsung pada ahlinya

    BalasHapus
  21. Asyik banget bisa jadi bagian dari kelas growth blogger, ilmunya mantap deh...

    BalasHapus
  22. Nah harus dipraktekkan sih, karena aku pun udah belajar SEO beberapa kali. Ini udah setahun kayaknya nggak nitip url ke GSC

    BalasHapus

  23. It was very early in 2012 when I started taking care of a serious blog, I was also serious about learning SEO, if now I feel like a hangover, hihihi

    BalasHapus
  24. Seru juga yaa bisa belajat SEO gini. Jadi pengen belajar juga euy. Ini DA saya mentok di angka 22 heuheuheu.

    BalasHapus
  25. Wah ilmu yang bermanfaat Mba... semangat menulis untuk manusia juga harus diingat juga barangkali ya Mba...

    BalasHapus
  26. Ternyata memasukkan link internal yang relevan bisa meningkatkan performa di mata google search engine yaa...
    Nuhun sudah berbagi ilmu SEO.

    BalasHapus
  27. Kelas juoss banget. Sempat nyesel kemarin mundur sebelum perang, hiks hiks. Tapi ya sudahlah, berdoa semoga next time bisa ikutan lagi dan lolos masuk kelasnya, hehe. Congrtazz ya, pasti blognya makin kece

    BalasHapus
  28. Bikin meta deskripsi di blogger.com itu gimana sih? Saya belum paham soal ini. Senangnya yg bs ikutan kelasnya. Dulu saya pernah ikutan tp bukan yg ini sih

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter