Upgrade Skill Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

belajar gak ribet bareng aplikasi belajar online QuBisa
kursus online gratis bersama QuBisa (doc.Pri)

Bagi milenial yang ingin sukses masuk dunia kerja, sebaiknya ikut kursus online di aplikasi siap kerja QuBisa. Karena QuBisa adalah aplikasi belajar online yang bisa diikuti siapa saja, kapan saja dan di mana saja. 

Bersama QuBisa belajar gak ribet dan lebih mudah. QuBisa menyediakan aneka kursus online gratis maupun berbayar dengan harga mulai dari Rp. 20.000,-an saja. 

Kelas-kelas yang disediakan QuBisa, cocok untuk diikuti oleh milenial yang akan memasuki dunia kerja, profesional yang ingin meningkatkan karirnya, atau siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan, upskilling dan reskilling.  

QuBisa memang berkomitmen untuk menyediakan dan meningkatkan akses pendidikan dan pelatihan yang berkualitas bagi semua orang.

Sehingga QuBisa menyediakan beberapa materi kursus online gratis. Nah, penasaran kan dengan aplikasi belajar online QuBisa?  yuk, lanjut baca artikel saya.  

Aplikasi Belajar Online QuBisa 

Beberapa waktu yang lalu, keponakan saya yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya bertanya kepada saya. Apa yang sebaiknya dilakukannya sambil menunggu  tugas akhir selesai dan wisuda. 

Mendengar pertanyaan keponakan saya, ingatan saya terbawa ke masa lalu. Sewaktu saya baru saja lulus dari perkuliahan dulu. Masa di mana saat itu saya seperti kehilangan percaya diri dengan bekal ilmu yang saya dapatkan dari bangku kuliah.

meningkatkan kemampuan bersama QuBisa
belajar online bersama QuBisa (doc. pri)

Sehingga kemudian saya mengikuti berbagai kursus tambahan yang diharapkan dapat menambah daya tawar saya di dunia kerja.

Memang berdasar pengalaman saya dulu,  untuk masuk ke dunia kerja bekal ilmu dari bangku kuliah saja tidak cukup. Ada hal lain yang perlu dipersiapkan juga. Perlu upskilling dan reskilling agar punya kemampuan sesuai spesifikasi yang dicari di dunia kerja. 

Saya salut dengan pertanyaan keponakan saya. Dia tidak mau membuang waktu sia-sia. Sehingga ingin mengisinya dengan sesuatu yang berguna dan bermanfaat untuk masa depannya.  

Untungnya sekarang kita hidup di era digital yang banyak memberi kemudahan, termasuk kemudahan untuk belajar. Kalau saya boleh bilang, ini adalah salah satu dampak positif dari pandemi.

Karena kebutuhan untuk belajar daring meningkat, membuat aplikasi belajar online pun berkembang pesat. Dan ini menguntungkan bagi pengguna. Karena bisa memilih aplikasi mana yang terbaik dan cocok untuk digunakan. 

Kembali ke pertanyaan keponakan saya tadi, yang ingin menggunakan waktunya untuk membekali diri saat masuk ke dunia kerja nanti. Akhirnya saya menyarankan kepadanya untuk belajar melalui aplikasi siap kerja QuBisa yang memberikan cara belajar efektif dan cara belajar gak ribet untuk meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling.

Mengapa QuBisa? 

pilihan kelas di aplikasi belajar online Qubisa
menu yang ada di aplikasi belajar online QuBisa (sumber : Aplikasi QuBisa)

Bukan tanpa sebab mengapa saya menyarankan keponakan untuk belajar menggunakan aplikasi siap kerja QuBisa. Ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Yakni :

Saya pernah menggunakannya

Hihi.. Meskipun saya tidak lagi muda dan bukan lagi pencari kerja, tapi saya juga pengguna aplikasi QuBisa. Banyak materi di QuBisa yang cocok untuk saya. 

Terutama materi pengembangan diri. Seperti bagaimana cara meningkatkan personal branding, bagaimana meningkatkan percaya diri,  dan lain-lain.  

Nanti di bagian lain dari artikel saya ini, akan saya ceritakan juga bagaimana pengalaman saya menggunakan cara belajar efektif untuk meningkatkan kemampuan problem solving bersama QuBisa.  

Platform pendidikan dan pembelajaran terpercaya

QuBisa memiliki misi mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Saat ini QuBisa memiliki lebih dari 100 instruktur, 100 webinar berkualitas,  dan 500 kursus terbaik.  

yang didapat di aplikasi belajar online QuBisa
yang ditawarkan di aplikasi siap kerja QuBisa (sumber :  aplikasi QuBisa)

Materi lengkap dan beragam

Materi yang ditawarkan di QuBisa sangat lengkap dan beragam. Di QuBisa,  kita bisa memilih kursus  sesuai yang kita inginkan. Ada kursus gratis ada juga yang berbayar. Ada juga kelas microlearning,  berupa kursus singkat dengan durasi sekitar 2-3 menit saja.  

Tersedia juga aneka webinar yang menarik. Cocok bagi yang menginginkan interaksi dan konsultasi dengan pemateri.  

Terdapat menu KSM dan KDM

Menu KSM (Keterampilan Sukses Milenial) dan KDM  (Keterampilan Digital Milenial) di QuBisa sangat membantu untuk calon pencari kerja seperti keponakan saya. Fitur KSM dan KDM bisa menjadi semacam road map karir yang dapat membimbing fresh graduate untuk menemukan karir sesuai jalur mereka.

Di KSM dan KDM ini ada menu assesment test-nya juga. Di sini pengguna bisa melihat apa saja yang menjadi kekurangannya, cukup dengan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan jujur dan sebenar-benarnya.  

Setelah itu untuk meningkatkan kemampuan yang kurang, pengguna bisa mengikuti aneka kelas yang ditawarkan di QuBisa. Hal ini merupakan cara belajar efektif karena langsung tepat sasaran.

assesment test pada aplikasi belajar online QuBisa
contoh hasil assesment test KSM QuBisa (doc.pri)

cara belajar efektif di aplikasi belajar online QuBisa
contoh hasil assesment test KDM (doc.pri)
Hasil merah pada assesment test yang dilakukan menunjukkan kemampuan di kategori tersebut masih kurang dan perlu ditingkatkan.

Tentang Keterampilan Sukses Milenial (KSM) 

keterampilan sukses milenial di aplikasi belajar online QuBisa
kemampuan personal yang harus dikuasai milenial (sumber : QuBisa)

KSM atau Keterampilan Sukses Milenial adalah program yang akan membantu para milenial menguasai berbagai kemampuan personal yang penting untuk pengembangan karir. KSM ini dibedakan dalam beberapa kategori. Yakni :

1. Kemampuan dasar

Di bagian ini, para milenial akan mendapat materi tentang bagaimana cara menghasilkan kinerja terbaik dengan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Contoh kelas yang bisa diikuti adalah : Mahir Berkomunikasi Secara Profesional untuk Pegawai Kantoran, Tips Sukses Menjadi Pembicara Handal, Membangun Hubungan Kerja Efektif dengan Interpersonal Skill di Era Milenial,  dan lain-lain. 

Untuk kategori kemampuan dasar, total ada 56 kelas yang bisa diikuti. Yang terdiri dari kursus, kursus singkat,  dan microlearning. Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing pribadi. 

2. Agilitas

Dalam kategori ini, para milenial akan diajarkan tentang cara memotivasi diri untuk terus update pengetahuan dan keterampilan sesuai perkembangan jaman dan profesi yang digeluti. 

Total ada 32 materi yang bisa diikuti. Contohnya : Strategi Naik Kelas Dalam Berkarir, Menjadi Navigator Perubahan, 6 Langkah Transformasi Diri di Era Turbulensi, dan masih banyak lagi.  

3. Kepemimpinan

Di materi ini para milenial akan diajari tentang cara meningkatkan skill dan leadership yang berkontribusi pada kinerja sehingga menghasilkan performa luar biasa.

Pada kategori ini ada 59 kelas yang bisa diikuti. Seperti : Meningkatkan Keterampilan Memimpin untuk Office Supervisor, Karir Melejit dengan Time Management, Collabolator vs Distructor, Cara Meningkatkan Personal Branding, dan lain-lain. 

4. Inovasi

Di bagian ini,  para milenial akan diajarkan bagaimana menganalisis akar suatu masalah untuk memperoleh pemecahan optimal dan menghasilkan serta menerapkan ide-ide baru.

Kelas yang ditawarkan untuk kategori ini ada 20. Semua mengajarkan bagaimana teknik problem solving yang baik dan menghasilkan ide briliant. 

5. Keseimbangan diri

Di bagian ini peserta akan diajarkan tentang cara berperilaku yang tepat berdasar situasi yang dihadapi. Serta bagaimana menyampaikan argumentasi, persepsi, dan juga pendapat secara objektif.

Ada 59 kelas yang ditawarkan di bagian ini, antara lain : Attitude is everything, Jitu Kelola Tugas,  Ampuh Atasi Stress,  Panduan Praktis Work Life Balance, dan masih banyak lagi.  

Nah bagaimana, keren-keren kan kelas-kelasnya? Materi yang disediakan di aplikasi belajar QuBisa ini akan semakin memantapkan langkah fresh graduate memasuki dunia kerja dan siap bersaing untuk memperoleh posisi terbaik.  

Tentang Keterampilan Digital Milenial (KDM) 

Kalau di bagian ini, para milenial akan memperoleh berbagai materi digital yang wajib dikuasai di era sekarang ini.  

Kelas yang ditawarkan terbagi menjadi beberapa program. Yakni perkembangan digital, produktivitas digital, analisis data digital, komunikasi & kolaborasi digital, keamanan informasi digital, dan publikasi konten digital.

meningkatkan kemampuan digital untuk milenial bareng QuBisa
Keterampilan Digital Milenial (sumber : QuBisa)

Agar dapat memperoleh materi yang tepat, para pengguna juga bisa melakukan assesment test dulu. Supaya tahu kategori mana yang harus ditingkatkan.  

Kalau menurut saya, meskipun judulnya Keterampilan Sukses Milenial dan Keterampilan Digital Milenial, namun sesungguhnya materi yang tawarkan nggak cuma cocok untuk milenial saja. Tapi sesuai untuk semua kalangan yang ingin upgrade pengetahuan dengan cara belajar gak ribet.  

Apalagi di era sekarang semua sudah melek digital. Jadi siapa saja bisa memanfaatkannya. Termasuk emak-emak seperti saya. Kebetulan di QuBisa saya banyak belajar juga. Salah satunya saya mengikuti kursus online gratis tentang Problem Solving, dan berikut pengalaman saya... 

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Bersama QuBisa

Sering kali kita merasa kesulitan menyelesaian suatu persoalan. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah,  ternyata ada rumusnya. 

Ini yang saya dapatkan ketika mengikuti kursus online gratis di QuBisa, dengan materi "Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K"

Materi ini disampaikan oleh Dr. Abdul Latif, seorang praktisi, akademisi, penulis, sekaligus pembicara publik. 

meningkatkan kemampuan problem solving bersama QuBisa
Kelas Problem Solving di QuBisa (doc.pri)

Materi yang diberikan berupa ringkasan modul/materi, beserta video pendek berdurasi 15 menit. Menurut Dr. Abdul Latif, konsep 3K memudahkan kita memecahkan persoalan yang kita hadapi baik di wilayah pekerjaan maupun personal.  

Dengan menggunakan konsep 3K,  kita akan akan terbiasa berpendapat dan mengambil kesimpulan berdasar permasalahan yang sesungguhnya, tidak asal-asalan. 

Konsep ini bisa dipakai saat kita akan membuat tulisan, menyusun bahan ketika menjadi pembicara, atau sewaktu akan membuat perencanaan pemasaran suatu produk. 

Problem solving dengan konsep 3K juga sangat membantu dalam membangun tim kerja yang efektif dengan berbagai karakteristik kepribadian yang unik. Sehingga dapat mengatasi berbagai kendala yang muncul dalam mencapai target bisnis.

kelas online gratis di QuBisa
Kelas Problem Solving di QuBisa (doc.pri)

Konsep 3K yang dimaksud di sini adalah :

1. Konteks, yaitu latar belakang atau persoalan sesungguhnya yang ingin kita cermati.  Konteks ini bisa juga berupa situasi yang kita rasakan. 

2. Konten, yaitu berbagai hal yang ingin kita bahas perdasar konteks yang ada

3. Konklusi, yaitu kesimpulan yang kita ambil setelah kita memahami konteks dan konten yang ada.  

Banyak hal bisa diselesaikan dengan menggunakan konsep ini.  Termasuk untuk memunculkan ide ketika akan membuat artikel atau tulisan di blog.  

Saya memang tidak langsung paham dengan materi yang disampaikan. Harus beberapa kali materi saya ulang.  Maklum emak-emak yang belajarnya sambil multitasking mengerjakan ini dan itu.  

Untungnya di QuBisa,  materi bisa diakses selamanya. Kita bisa belajar sesuai kemampuan kita.  Dan bisa kita ulang kapan saja. 

Beberapa kursus di QuBisa juga ada yang bersertifikat. Ini tentu sangat berguna bagi para milenial pencari kerja atau para profesional muda untuk pengembangan karirnya.  

belajar pengembangan diri bersama QuBisa
belajar problem solving di QuBisa (doc.pri)

Fasilitas yang disediakan QuBisa ini bisa membantu banyak orang untuk bisa selalu upgrade ilmu dan mengembangkan diri melalui personal brandingcoaching, maupun mentoring. Bersama QuBisa belajar gak ribet deh pokoknya.

Jadi bagi teman-teman yang belum pernah belajar bareng QuBisa, yuk dicoba. Karena di QuBisa Aku Bisa Kamu Bisa. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi QuBisa melalui  App Store maupun Play Store

Kebetulan saat ini baru ada kompetisi blog dengan tema "Memulai Karir Lebih Percaya Diri Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa"

lomba blog aplikasi siap kerja QuBisa
lomba blog bersama aplikasi siap kerja QuBisa (sumber : QuBisa)

Di kompetisi ini teman-teman bisa menceritakan pengalamannya belajar melalui aplikasi belajar online QuBisa. Dan raih kesempatan memperoleh hadiah total 10 juta rupiah. Periode lomba dibuka mulai tanggal 22 September hingga 10 Desember 2021. Yuk, ramaikan, semoga informasi ini bermanfaat yaa... 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

10 komentar

  1. Semenjak menjadi ibu rumah tangga, saya merasa sekali perlu update skill. Walaupun di rumah saja, irt juga perlu belajar agar bisa bekerja dari rumah. Kayaknya saya mau mencoba aplikasi Qubisa ini.

    BalasHapus
  2. biaya kursus online di Qubisa cukup terjangkau ya mbak, ternyata ada yang mulai 20 ribu, menarik ini jadi pengen nyobain juga deh

    BalasHapus
  3. Setuju Mbak, salah satu dampak positif dari pandemi, bisa dapat banyak pembelajaran secara online. Belajar memang tidak hanya lewat bangki sekolah, tapi aplikasi online pun bisa mendukung semua kebutuhan pembelajaran yang kita butuhkan. Jadi tambah semangat juga.

    BalasHapus
  4. QuBisa ini platform belajar online yang bagus banget menurutq kak, materinya lengkap trus ada yang gratis juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memudahkan untuk belajar apa saja meskipun dari rumah.

      Hapus
  5. Wah jadi penasaran sama aplikasi qubisa ini. Rekomendasiin kesodaraku yg lagi cari kerja ah

    BalasHapus
  6. Wah menarik ini, jadi meski sudah bekerja juga kita tetap bisa ikutan kelas2nya ya, secara yg namanya ilmu kan berkembang terus, dan softskill kudu kita pelajari terus yaah

    BalasHapus
  7. Belajar Problem Solving jadi salah investasi berharga untuk hidup. Karena sejatinya hidup penuh dengan pertanyaan yang perlu dipecahkan dengan kondisi hati dan kepala tenang.

    BalasHapus
  8. Wah, saya sudah install aplikasi ini lo. Senang bisa belajar di rumah. Bisa disesuaikan sama situasi serta kondisi yang ada.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter